Connect with us

Peroleh Peringkat idBBB+, PertaLife Makin Kinclong

Insurance

Peroleh Peringkat idBBB+, PertaLife Makin Kinclong

Jakarta – PT Perta Life Insurance (PertaLife) memperoleh peringkat idBBB+ dengan prospek stabil, dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Pefindo menyatakan perusahaan asuransi dengan peringkat idBBB memiliki karakteristik keamanan keuangan yang memadai dibandingkan perusahaan lainnya di Indonesia.

Namun, masih ada kemungkinan akan terpengaruh oleh perubahan keadaan bisnis yang merugikan dibandingkan perusahaan asuransi lain dengan peringkat yang lebih tinggi. Sedangkan tanda tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan.

“Peringkat tersebut mencerminkan captive business PertaLife dari grup Pertamina, profil permodalan di atas rata-rata, dan posisi bisnis yang moderat,” ujar Analis Pefindo Kreshna Dwinanta Armand dan Hanif Pradipta, pada keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Meskipun begitu, kedua analis menjabarkan bahwa peringkat PertaLife masih dibatasi oleh kompetisi yang ketat di industri asuransi jiwa. Peringkat dapat dinaikkan bila PertaLife bisa meningkatkan performa bisnis dan operasionalnya.

“Di sisi lain, peringkat dapat diturunkan jika posisi bisnis perusahaan memburuk, atau jika salah satu profil keuangan perusahaan melemah secara substansial,” tambah keduanya.

Berdiri pada 1985, PertaLife menyediakan berbagai macam produk asuransi kesehatan dan jiwa. Per 31 Desember 2021, perusahaan dimiliki oleh Dana Pensiun Pertamina sebesar 71,39 persen, PT Timah Tbk. sebesar 27,83 persen, dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebesar 0,78 persen.

 

Editor: Steven Widjaja

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Insurance

To Top