THE ASIAN POST, JAKARTA — Sejumlah nasabah Bank Mandiri Sabtu (20/7) hari ini mengeluhkan rekening saldo mereka yang berkurang atau bahkan bertambah tiba-tiba.
Di media sosial twitter #mandirierror menjadi trending topik. Mereka banyak yang menumpahkan segala keluhannya.
“Auto panik pas cek saldo berkurang drastis, ternyata memang lagi error.” cuit @rosalina_dewi.
Warganet @wendaariwenda bahkan tak bisa mengecek saldo miliknya, “Di ambil nggak bisa, di cek nggak bisa.”
“Oi ini saldo saya ilang semua min!! Gimana ini? @mandiricare,” kata @pradanayuds, panik.
Keluhan sama disampaikan @hogetz, “Pagi tadi pas ambil uang di atm mandiri saldo gue kok berkurang 2jtan…ternyata #mandirierror mudah2an bisa kembali lagi,”
Merespon hal ini, Bank Mandiri menjamin saldo nasabah akan kembali pulih dalam waktu dua sampai tiga jam.
Hal ini terjadi seiring adanya pemeliharaan sistem teknologi informasi untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan, sehingga membuat saldo berkurang.
“Kami memohon maaf dan kami pastikan rekening nasabah, aman,” ujar Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas dalam pernyataannya di Jakarta, Sabtu (20/7).
Menurut Rohan, gangguan tersebut terjadi saat akan dilakukan perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari.
Namun, pada proses pemeliharaan kali ini terjadi error pada data saldo nasabah. Saat ini, Bank Mandiri tengah melakukan normalisasi saldo rekening yang terdampak pemeliharaan sistem teknologi informasi tersebut.
Untuk itu Bank Mandiri mempersilahkan nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri.
Pada kesempatan itu, Rohan juga meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. []