Hasil Undian KPU, Ini Nomor Urut Capres-Cawapres

Jakarta— Ketiga pasangan capres-cawapres yang akan berlaga pada Pilpres 2024 telah melakukan ​​​​​pengundian nomor urut di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada malam hari ini, Selasa (14/11/2023) .

Setelah masing-masing pasangan menarik undian, nomor urut 1 ditempati oleh pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Sementara nomor urut 2 ditempati oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakbuming Raka, sedangkan nomor urut 3 diisi pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

AP HEADER

Pengundian yang berlangsung pada hari malam ini diwarnai dengan turunnya hujan. Alhasil, acara yang seharusnya dijadwalkan pada pukul 19.20 WIB kemudian molor menjadi pukul 20.10 WIB.

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik menjelaskan, pengundian nomor urut capres-cawapres Pilpres 2024 dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, setiap capres-cawapres mengambil nomor urut antrean sesuai dengan waktu pendaftaran yang telah dilaksanakan pada 19 -25 Oktober 2023.

“Pengambilan antrean ini sesuai dengan waktu pendaftaran bacapres bacawapres yang waktu itu telah dilaksanakan pada 19-25 Oktober 2023,” kata Idham, Selasa (14/11/2023).

Setelah mendaftarkan nomor antrean, capres-cawapres mengambil nomor undian yang dilakukan secara bergiliran. Selanjutnya KPU melakukan penetapan nomor urut pasangan capres-cawapres.

Pengundian nomor urut tersebut dihadiri oleh beberapa petinggi partai, di antaranya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno, Sekjen Gerinda Ahmad Muzani. Selain itu ada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan politikus PDIP, Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, dan beberapa elit politik lainnya.

Ada pula jajaran elite dari parpol KIM, yakni Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus, Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya. Kemudian PAN Eddy Soeparno dan Ketum PSI Kaesang Pangarep dan Ketum Gelora Anis Matta.

Sejak sore tadi, suasana di Gedung KPU yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat tampak sangat ramai dihadiri oleh kader dan simpatisan dari masing-masing partai.

Mereka saling bersahutan meneriakkan yel-yel dan mengibarkan spanduk mendukung capres-cawapres jagoannya.

Akibatnya, kawasan Jalan Imam Bonjol ditutup dua arah dan kawasan Gedung KPU dijaga oleh ratusan polisi serta petugas keamanan KPU. Selain itu, tampak kendaraan taktis juga telah disiagakan di depan KPU. (*) RAL

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.