Infobank Sematkan Penghargaan untuk 88 Institusi Keuangan di Ajang Digital Brand Awards 2025
Jakarta— Sebanyak 88 institusi berhasil meraih penghargaan Infobank–Isentia Digital Brand Awards 2025” atas keberhasilan mereka meningkatkan promosi corporate brand dan product brand secara digital selama setahun terakhir.
Pemberian penghargaan dilangsungkan dalam ajang 14th Infobank-Isentia Digital Brand Awards 2025” di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis, 20 Maret 2025.
Ke-88 institusi peraih penghargaan terdiri dari bank umum konvensional, bank umum syariah, bank digital, bank dengan layanan digital, BPR, BPRS, UUS bank umum konvensional, BUMN, subholding BUMN.
Lalu, asuransi jiwa, asuransi umum, asuransi jiwa syariah, asuransi umum syariah, asuransi sosial, reasuransi, multifinance, fintech P2P lending, dan perusahaan sekuritas.
Metodologi yang digunakan dalam riset ini menggunakan delapan tahapan yang berpusat pada channel media sosial dalam melakukan penilaian terhadap corporate brand dan product brand.
Kedelapan tahapan itu yakni, menentukan kategori, meriset brand dan kata kunci, memilih channel medsos, men-generate data dari medsos, menentukan sentimen, pengambilan data, menghitung indeks, dan menentukan hasil tiga teratas (top three).
“Sistem pemrosesan multibahasa yang digunakan Isentia mampu mengekstraksi data dan mengkategorikan sentimen dalam lima kategori: sangat positif, positif, netral, negatif, dan sangat negatif,” ujar Russ Horell, Chief Revenue Officer (CRO) Asia Pacific Isentia, saat memberikan pemamaran.
Data yang telah dikategorikan kemudian disimpan dalam Dashboard I-Social Isentia. Data itu kemudian dianalisis menggunakan algoritma Isentia untuk menghasilkan statistik, tren, indeks,dan laporan visual seperti grafik dan pemetaan dengan representasi warna yang berbeda-beda.
Seberapa Penting Branding Image?
Menurut Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto, riset digital brand dilakukan untuk meningkatkan kesadaran terkait strategi branding baru yang perlu dilakukan di era digital.
Saat ini, interaksi digital memiliki pengaruh besar terhadap persepsi konsumen.
Reputasi online sebuah perusahaan bisa menjadi penentu kesuksesan maupun kegagalan. Media online memainkan peran penting sebagai sumber data yang sangat besar dan kuat.
Media sosial juga dapat digunakan sebagai saluran layanan pelanggan yang interaktif, ujar Eko B. Supriyanto, saat memberikan sambutan.
Acara “14th Infobank-Isentia Digital Brand Award 2025” didahului dengan Sharing From Visionary Leaders bertajuk “Business Vision in Global Divergences” dengan menghadirkan pembicara Ridha D.M. Wirakusumah, Ketua Dewan Direktur Indonesia Investment Authority. Selain memberikan penghargaan kepada 88 institsi, Infobank dan Isentia juga memberikan penghargaan CEO in Digital Brand 2025 kepada 8 CEO”.
Acara ini terselenggara berkat dukungan para sponsor antara lain, Livin by Mandiri, Kopra by Mandiri, PNM, Akulaku Finance, HSBC, Bank of China, KB Bank, BSI, WOM Finance, Bank Jatim, SMI, Jasa Raharja, Mandiri Utama Finance, AlloBank, BPJS Kesehatan, Asuransi Tugu, Bank Mayapada, Bank Jasa Jakarta, BTN, Askrindo, Bank Banten, Hanwa Life, IndonesiaRe, Nanabank Syariah, Bank DKI, Bank Jateng, Syailendra, Indonesia Eximbank, Zurich, Avrist, BTPN, Pertalife, Maybank, Adira Finance, Bank CIMB Niaga, Asuransi JMA Syariah, Bank Muamalat, MNC Bank, BCA Syariah, Bank Riau Kepri Syariah,dan Sucofindo.
Untuk mengetahui 88 perusahaan peraih penghargaan “14th Infobank-Isentia Digital Brand Awards 2025 secara lengkap bisa dilihat di Majalah Infobank edisi Maret 2025. Silakan kunjungi Infobankstore.com untuk mendapatkan edisinya. (*)