Tenteng Surat Pengunduran Diri, Mahfud: Saya Diangkat dengan Hormat dan Akan Pamit dengan Hormat ke Presiden

Jakarta— Mahfud MD menegaskan akan mundur dari jabatannya sebagai Menko Polhukam dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat.

Pernyataan itu disampaikan Mahfud melalui siaran langsung di akun Instagram @mohmahfudmd saat berada di Pura Walandano, Lampung Tengah, Rabu (31/1/2024). Cawapres nomor urut 2 ini menyebut telah menyiapkan surat pengunduran dirinya yang akan diserahkan kepada Jokowi secara langsung.

“Surat ini akan disampaikan begitu saya mendapat jadwal ketemu dengan presiden. Tapi saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu langsung saya sampaikan,” ujar Mahfud

Surat tersebut akan ia serahkan setelah Jokowi menuntaskan kunjungan kerjanya dari luar kota. Meski di dua tempat berbeda, Jokowi maupun Mahfud dijadwalkan akan sampai ke Jakarta pada Kamis.

Baca juga...

“Mudah-mudahan secepat kami tiba di Jakarta, secepat itu pula kami bisa bertemu,” sambungnya.

Mahfud menyampaikan alasannya untuk tidak berkomentar lebih jauh dan bersikukuh ingin menyerahkan surat tersebut secara langsung ke Jokowi.

Menurutnya, jabatan sebagai Menko Polhukam yang ia emban selama 4 tahun terakhir adalah sebuah kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh Jokowi kepadanya. Oleh sebab itu, pertemuan secara langsung merupakan etika yang menurut Mahfud adalah sikap saling menghormati.

“Saya hanya akan menyampaikan surat singkat saja. Saya dulu diangkat dengan hormat, menerima pengangkatan dengan hormat, saya juga akan pamit dengan penuh kehormatan juga kepada beliau dan saya melaporkan bahwa saya sudah selesai,” jelasnya.

Tokoh yang dikenal berani menegakkan keadilan ini ingin menunjukkan etika baik dalam berpolitik. Mahfud berujar, etika merupakan bagian dari ekspresi dari moral, kejujuran, penghayatan keagamaan dan kesantunan budaya.

“Karena kami diberi tugas dan menerima tugas dengan saling menghormati maka saya tidak akan ‘tinggal glanggang colong playu’. Saya akan pamit baik-baik dan saya akan sampaikan surat ini begitu saya diterima dan dijadwalkan oleh presiden,” tegasnya.

Sebelumnya, Mahfud telah menemui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, pada Senin (29/1/2024) malam. Saat pertemuan itu ia meminta waktu untuk menghadap Jokowi. Sayangnya, dalam pertemuannya pada Senin malam itu Mahfud belum menyampaikan surat pengunduran diri sebagai menteri. (*) RAL

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.