Jokowi Desak AS Setop Perang di Gaza, Ini Respons Joe Biden

Jakarta— Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk membahas kemitraan dan konflik kemanusiaan di Gaza, di Washington DC, Selasa (14/11/2023).

Dalam kunjungannya, Jokowi meminta agar AS dapat bertindak untuk menghentikan konflik yang terjadi di Gaza, Palestina.

Jokowi menegaskan perang yang terjadi antara Hamas dengan Israel tersebut merupakan hal yang menyakitkan.

“Maka Indonesia kepada AS untuk menghentikan kekejaman di Gaza. Hal ini merupakan sebuah hal yang sangat menyakitkan bagi umat manusia,” kata Jokowi.

Baca juga...

Jenderal Naga Bonar

Hal itu ia sampaikan sejalan dengan komitmen peningkatan kerja sama antara AS dan Indonesia.

Menurut Jokowi, kemitraan antara AS dan Indonesia seharusnya dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan kemakmuran dunia.

Di waktu yang sama, Joe Biden tak memberikan respons sedikit pun atas permintaan Jokowi untuk menghentikan eskalasi konflik di Gaza. Biden justru menyoroti bahwa Jokowi merasa kedinginan berada di AS.

Baca juga...

“Di saat saya menyambut Presiden (Jokowi) keluar dari mobil, kita ngobrol mengenai topik penting soal cuaca. Presiden (Jokowi) berkata saya kedinginan. Saya mau cepat selesaikan hal ini,” kata Biden.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa dunia internasional seolah tak berdaya menghentikan perang yang terjadi di Gaza, Palestina.

Pernyataan itu disampaikan Presiden setelah menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) secara khusus untuk membahas kondisi di Palestina di Riyadh, Arab Saudi, Senin (13/11/2023).

“Sehingga saya mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu dan berada di barisan terdepan untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan untuk rakyat palestina,” ujarnya dalam konferensi pers. (*) RAL

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.