Buka UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2023, Jokowi Apresiasi Keberpihakan BRI Majukan UMKM

Jakarta— Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2023, rangkaian dari HUT ke-128 BRI, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada 7 s.d 10 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi komitmen BRI untuk terus mendorong pemberdayaan dan pendampingan UMKM di Indonesia. Terlebih sektor ini menjadi penopang ekonomi nasional.

“sebesar 61% PDB nasional disumbang oleh UMKM dan 97% tenaga kerja di Indonesia diserap oleh UMKM. Oleh karenanya, saya menghargai dan mengapresiasi event ini, karena produk yang ditampilkan dikurasi sangat baik. Kemasan dan branding serta yang paling penting BRI mempertemukan UMKM dengan para buyer”, imbuhnya.

Presiden menakankan pentingnya memberdayakan UMKM agar naik kelas menjadi go digital dan go internasional. UMKM harus mampu menguasasi pasar lokal, namun tidak melupakan pasar global.

Di waktu yang sama, Menteri BUMN RI Erick Thohir melaporkan berbagai program yang telah dijalankan oleh BRI, termasuk program pemberdayaan seperti UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2023. Program ini menurutnya telah terbukti sukses dalam memutar perekonomian secara keseluruhan.

Erick Thohir mengungkapkan, bahwa dorongan Presiden untuk membentuk ekosistem bagi UMKM, baik dari sisi pendanaan, akses pasar dan pendampingan telah dilakukan oleh BRI sebagai perusahaan BUMN.

“UMKM adalah prioritas pertumbuhan ekonomi nasional. Dan BRI sebagai bank dengan portofolio UMKM terbesar diharapkan terus bergerak menciptakan ekosistem bagi pelaku UMKM dengan tujuan utama ekonomi tumbuh,” ujar Erick.

Ajang UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur diselenggarakan sebagai sarana business matching antara UMKM Indonesia dengan konsumen luar negeri.

Dengan adanya program ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan pelaku UMKM dan meningkatkan ekspor nasional. Tahun ini, menjadi yang ke-5 kalinya penyelenggaraan ini digelar dengan tema “Crafting Global Connection” atau merakit koneksi global.

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan, program UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2023 menjadi salah satu langkah konkret perseroan yang bertanggung jawab memajukan UMKM.

“BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain”, kata Sunarso.

Sunarso menambahkan, nilai kesepakatan melalui business matching di ajang UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur terus bertambah.

Nilai kesepakatan bisnis program ini di 2019 mencapai US$33,5 juta, naik di 2020 menjadi US$57,5 juta dan pada 2021 meningkat menjadi US$72,1 juta.

“Pada 2021 menjadi sangat menarik karena UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur dilakukan secara virtual akibat pandemi. Kemudian pada 2022 lalu nilainya menembus US$76,7 juta,” sambung Sunarso.

Sementara, pada penyelenggaraan di 2023 ini, pihaknya menargetkan nilai kontrak sebesar US$80 juta.
Di samping economic value creation, Sunarso menjelaskan bahwa event ini juga menjadi perwujudan komitmen BRI untuk meningkatkan social value creation.

BRI berperan aktif mendorong kemajuan, peningkatan kapabilitas serta kualitas UMKM di Indonesia. UMKM diharapkan dapat percaya diri dan berani tampil di pasar mancanegara, dan menguatkan pemasaran di pasar lokal melalui perluasan channel penjualan di platform e-commerce.

“Melalui UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2023, kami berharap dapat memberikan dampak positif dan meluas pada kemajuan dan pengembangan kapasitas serta kualitas UMKM Indonesia”, terangnya.

Dalam UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2023 , BRI mengajak 700 UMKM terkurasi. Sebanyak 378 UMKM di antaranya adalah pendaftar baru, 122 UMKM alumni UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur..

Kemudian, ada 6 UMKM binaan perusahaan anak seperti Pegadaian, PNM dan BRI Ventures, 153 UMKM Local Heroes yang telah menjadi market leader. Mereka diharapkan dapat memperluas impact bisnis dan terkoneksi untuk berkolaborasi kepada UMKM lainnya.

Kemudian 32 UMKM merupakan member SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) dan 9 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi & UKM. UKM tersebut berasal dari berbagai daerah yang akan menampilkan produk-produk terbaru dan terbaik mereka.

Sebagai tambahan informasi, ada lima kategori UMKM yang berpartisipasi yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness. (*) RAL

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.