Connect with us

Jamkrindo Gelontorkan Bantuan untuk Korban Gempa di Cianjur dan Sukabumi

Foto: Dok. Jamkrindo

National

Jamkrindo Gelontorkan Bantuan untuk Korban Gempa di Cianjur dan Sukabumi

Jakarta—PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menyalurkan bantuan berupa paket sembako untuk para korban gempa di Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat.

Bantuan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) ini disalurkan sebagai bentuk kepedulian perusahaan untuk meringankan beban para korban.

Plt. Direktur Utama PT Jamkrindo Kadar Wisnuwarman mengatakan, langkah ini merupakan respons spontan perusahaan untuk memberikan bantuan tanggap darurat dan bantuan dalam bentuk pertolongan pertama bagi para korban bencana gempa.

”Semoga bantuan yang kami serahkan bisa meringankan beban para korban yang terkena bencana,” ujar Kadar dalam siaran pers Selasa (22/11/2022).

Setelah penyerahan bantuan awal, Jamkrindo bersama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain akan melanjutkan distribusi bantuan di bawah komando Satuan Tugas Bencana Kementerian BUMN.

Secara simbolis, bantuan diserahkan oleh Pemimpin Wilayah IV Jamkrindo Muchamad Kisworo di dua lokasi berbeda, yakni posko utama di Kantor Perum Perhutani dan posko bencana Lapangan Bola Ciarma Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Penyaluran bantuan bekerja sama dengan Satgas Bencana BUMN dan Angkasa Pura.

Adapun, paket bantuan sembako untuk korban gempa di Sukabumi diserahkan secara simbolis oleh Pemimpin Cabang Sukabumi Prita Widy Wardani di Kantor BPDP Sukabumi. Penyerahan akan dilakukan pada 23 November 2022.

Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di darat 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat berkekuatan 5,6 skala richter.

Gempa itu mengakibatkan banyaknya korban jiwa dan sejumlah bangunan rusak parah. Gempa juga dirasakan warga Jakarta dan sekitarnya. Tak hanya Jakarta, guncangan gempa juga dirasakan di Bandung, Bogor, Sukabumi, Depok, hingga Tangerang.

Pemerintah Kabupaten Cianjur menetapkan status darurat bencana untuk memudahkan penanganan bencana dan mengevakuasi para korban meninggal akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Selain gempa di Cianjur dan Sukabumi, Jamkrindo juga telah menyerahkan bantuan tanggap bencana bagi korban bencana alam di beberapa daerah secara berkelanjutan.

Bantuan itu diberikan kepada para korban bencana banjir di Lebak, Banten; bencana banjir di Garut dan Sumedang, Jawa Barat; bencana banjir di Jabodetabek; banjir bandang di Sukabumi, Jawa Barat; gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi tengah; serta gempa bumi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

Selain menyerahkan bantuan bina lingkungan untuk korban bencana alam, Jamkrindo secara aktif berkontribusi membantu masyarakat saat pandemi Covid-19. Bantuan itu, antara lain berupa alat kesehatan, sembako, beasiswa pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan beberapa bantuan lainnya.

Sekadar diketahui, Jamkrindo merupakan  anggota holding Indonesia Financial Group (IFG) dengan induk holding PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero).

Sebagai perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, Jamkrindo berkomitmen memberikan penjaminan bagi para mitra perbankan dan lembaga keuangan nonbank.

Saat ini, Jamkrindo memiliki berbagai produk, baik produk penjaminan program maupun penjaminan nonprogram. Pada penjaminan program, Jamkrindo memiliki produk penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan penjaminan Kredit Modal Kerja (KMK) dalam rangka program PEN.

Untuk nonprogram, produk penjaminan Jamkrindo meliputi penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan distribusi barang. Tidak hanya itu, Jamkrindo juga menjadi penjamin surety bond, customs bond, supply chain financing (invoice financing), dan penjaminan kredit lainnya. (*)

Editor: Ranu Arasyki

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in National

Most Popular