Dukung Pengembangan SDM, Garuda Indonesia Gandeng Asosiasi Penyelenggara Pemagangan Luar Negeri (AP2LN)
Jakarta – Maskapai nasional Garuda Indonesia bersama Asosiasi Penyelenggara Pemagangan Luar Negeri (AP2LN) menjalin kerja sama strategis melalui penyediaan aksesibilitas penerbangan udara dalam program pengiriman peserta pemagangan Indonesia ke luar negeri. Sinergi strategis kedua instansi tersebut ditandai melalui penandatanganan Nota Kesepahaman “Corporate Privilege” antara Garuda Indonesia dengan AP2LN yang dilaksanakan pada hari Selasa, 5 April 2022 di Jakarta.
Melalui kerja sama tersebut, Garuda Indonesia berkomitmen untuk mendukung kegiatan AP2LN, khususnya dalam memfasilitasi penyediaan kebutuhan tiket perjalanan udara dengan harga khusus dan potongan harga tiket untuk rute internasional lainnya bagi Peserta Pemagang Indonesia, pegawai, keluarga pegawai dan mitra AP2LN.
Adapun pada tahap awal, sejalan dengan fokus penempatan peserta magang Indonesia di Jepang, Garuda Indonesia akan memberikan harga khusus pada rute Jakarta – Haneda bagi peserta magang yang akan menuju Tokyo. Selain itu, melalui kerja sama tersebut, Garuda Indonesia juga memberikan nilai tambah layanan penerbangan berupa fleksibilitas perubahan tiket, termasuk penyediaan dedicated check-in counter dan PIC sales serta layanan kargo dan charter Garuda Indonesia Group.
“Sesuai dengan core value kami yaitu #BecauseYouMatter, kiranya kerja sama antara Garuda Indonesia dan AP2LN ini dapat memberikan kontribusi positif dengan turut mendukung peningkatkan kualitas program pemagangan di luar negeri bagi para peserta melalui konsistensi penerapan protokol kesehatan yang ketat dan profesionalisme para karyawan Garuda yang siap memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan,” papar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, pada keterangan resminya, Rabu (6/4).
Irfan menambahkan bahwa program pemagangan luar negeri Indonesia memiliki peran dalam pemulihan dan pembangunan Indonesia ke depannya melalui penyediaan wadah pelatihan nasional dan praktik langsung di perusahaan di negara industri terbaik. Lebih lanjut, sejalan dengan dibukanya kembali akses masuk ke berbagai negara, kerja sama ini diharapkan dapat mendukung mobilitas peserta pemagang Indonesia dan berkontribusi dalam pengembangan SDM yang berkompeten dan kompetitif.
Sementara itu, Ketua AP2LN Firman Budiyanto menyambut baik sinergi antara AP2LN dan Garuda Indonesia dalam mendukung program pemagangan luar negeri Indonesia.
“AP2LN yang beranggotakan 135 Sending Organization akan mendorong agar Para Peserta Pemagangan yang akan berangkat ke Jepang dapat menggunakan Garuda Indonesia sebagai Maskapai Nasional kebanggaan kita bersama,” ucap Firman.
“Dalam kondisi sebelum pandemi Covid-19, setiap tahunnya, anggota AP2LN dapat memberangkatkan lebih dari 20,000 Peserta Pemagangan ke Jepang,” tambah Firman.
Editor: Steven Widjaja