Disinggung Mirip Orde Baru, Begini Respons Jokowi dan Istana

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan komentarnya terkait pernyataan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri belum lama ini yang menyinggung sosok penguasa baru yang bertindak seperti zaman orde baru.

“Saya tidak ingin beri tanggapan,” ujar Jokowi di Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu, 29 November 2023.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana juga tidak mau memberikan komentar terkait pernyataan Megawati tersebut. Menurut Ari, hal itu adalah persoalan partai politik.

“Gak komentari itu lah, itu domain ibu Mega (Megawati) ya untuk partai politik,” ucapnya saat ditemui di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Selasa, 28 November 2023.

Baca juga...

Megawati sebelumnya menyatakan hal itu pada pidatonya di acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Relawan Ganjar-Mahfud se-Pulau Jawa yang diadakan Senin, 27 November 2023.

“Mestinya Ibu (mengacu pada dirinya) tidak boleh ngomong gitu, tapi sudah jengkel. Tahu tidak, kenapa? Republik penuh dengan pengorbanan, tahu tidak? Kenapa sekarang kalian yang baru berkuasa itu mau bertindak seperti zaman Orde Baru?” ucap Megawati yang disambut teriakan “Lawan” dari para relawan.

Megawati kemudian mengatakan, ada pihak yang bersikap tidak hormat, sekalipun telah dibantu dalam banyak hal. Presiden RI ke-5 itu pun tak segan jika harus berhadapan dengan pihak tersebut.

“Saya tentu tidak, apa, nurani saya ya terbuka dong, lho ini gimana sih? Maunya apa sih? Mari kalau mau bersaing,” tuturnya.

Dirinya lalu mengatakan bahwa ia selalu mendapatkan dukungan dari kader-kader PDIP. Ia menceritakan bagaimana kader-kader PDIP menyebutnya sebagai “Ibu Petarung”.

“Kalau ke diri saya selalu bilang gini ‘Biar ibu ini perempuan, tapi ibu petarung’,” ucapnya.

“Kalau di PDI Perjuangan menyemangati. Terus saya bilang, kita aja lambangnya banteng, mana ada banteng itu keok,” tegasnya. SW

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.