Connect with us

Bali Small is Beautiful, Tujuan Wisata Favorit Dunia

Opinion

Bali Small is Beautiful, Tujuan Wisata Favorit Dunia

Prev1 of 18
Use your ← → (arrow) keys to browse

oleh Ida Bagus Kade Perdana

Perlu diketahui bahwa yang pertama kali memperkenalkan ungkapan Small Is beautiful adalah seorang   ekonom yang lahir di Bonn Jerman tahun 1908 bernama Ernst Frederick Schumacher dalam bukunya yang berjudul “Small Is Beautiful” yang terinspirasi dari prinsip yang dianut gurunya yang bernama Leopold Kohr dimana konsep ini dipergunakan untuk memperjuangkan teknologi atau kebijakan kecil yang sesuai yang dipercaya untuk memberdayakan orang lebih  banyak, berbeda dengan frasa “lebih besar lebih baik”.

Pertama kali buku  Small Is Beautiful diterbitkan tahun 1973  membawa kritik Schumacher terhadap ekonomi Barat kepada khalayak luas selama krisis energi di tahun 1973  dan mempopulerkan konsep globalisasi.

Berada didepan sebagai pencinta lingkungan  yang buku ini merupa kan kumpulan essai yang dibagi menjadi empat bagian. Ini bukan merupakan buku tipikal ekonomi yang diisi dengan angka, grafik dan formula.

Kala itu situasi dunia mengalami berbagai tantangan dan ancam an berupa krisis pangan, energi, bencana alam, pemanasan global, dan pencemaran serta kerusakan lingkungan hidup yang akan membahayakan kehidupan rakyat, terutama rakyat kecil atau wong cilik yang oleh Bung Karno disebut kaum marhaen yang masih banyak termarginal kan yang perlu segera diberdayakan dan diangkat taraf hidupnya agar menjadi tuan ditanah airnya sendiri.

Dengan membuat kan program khusus yang benar benar focus, menyentuh langsung yang sifatnya mengedukasi sesuai dengan ajaran Bung Karno dengan Tri Saktinya dalam pembangunan kemanusiaan dan kebudayaan  agar berdaulat dalam politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Sehingga utamanya wong cilik kaum marhaen menjadi kuat secara financial dan professional  mampu berdiri sendiri secara berkualitas memiliki keunggulan dan berdaya saing tinggi sehingga tercipta  kehidupan masyarakat adil makmur dan sejahtera  lahir batin sesuai dengan cita cita Bung Karno dan Bangsa Indonesia.

Selamat dan sukses memperkuat taksu Bali atas raihan Provinsi Bali Terbaik  Nasional Wujudkan Akuntabilitas Pemerintahan dalam pencapaian strategi nasional pencegahan korupsi (Stranas PK).

Prev1 of 18
Use your ← → (arrow) keys to browse

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Opinion

To Top