Connect with us

Akselerasi Transformasi Digital UMKM, Telkomsel dan PPUMI Jalin Kolaborasi

Business

Akselerasi Transformasi Digital UMKM, Telkomsel dan PPUMI Jalin Kolaborasi

Jakarta – Telkomsel sebagai anak usaha dari PT Telkom Indonesia memandang penting peran UMKM bagi kemajuan ekonomi bangsa. Maka dari itu, Telkomsel pun terus berupaya memperluas pemanfaatan ekosistem digital guna mengakselerasi pengembangan UMKM.

Hal itu kali ini direalisasikan dengan kerja sama yang dilakukan antara Telkomsel dengan organisasi Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) untuk meningkatkan literasi digital UMKM. Dengan demikian, diharapkan ke depannya, para pelaku UMKM dapat memaksimalkan layanan digital terintegrasi Telkomsel.

Kerja sama tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) oleh kedua belah pihak beberapa waktu lalu.

Senior Vice President Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan, UMKM lokal memiliki tantangan dalam rangka go digital. Minimnya pendampingan serta pemahaman tentang digitalisasi menjadi faktor penyebab UMKM masih menggunakan cara konvensional dalam pengembangan bisnisnya.

“Melalui kolaborasi ini, Telkomsel kembali menegaskan komitmennya sebagai leading digital telco yang memiliki konsistensi dalam upaya membuka seluas-luasnya akses digital bagi seluruh lapisan masyarakat termasuk membuka lebih banyak peluang bagi pelaku UMKM lokal Indonesia untuk bisa melesat dengan digital. Langkah ini sejalan dengan komitmen Telkomsel untuk terus memperluas pemanfaatan teknologi terdepan di berbagai sektor bisnis dan kehidupan,” terang Dharma, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa, 16 November 2021.

Kolaborasi tersebut meliputi penyelenggaraan webinar maupun seminar guna meningkatkan pemahaman tentang digital marketing, workshop untuk membantu pelaku UMKM dalam mengoptimalkan layanan digitalisasi terintegrasi, serta penyediaan beragam konten edukasi digital marketing dan sertifikasi halal untuk pengembangan UMKM melalui platform 99% Usahaku.

Platform 99% Usahaku dihadirkan Telkomsel untuk mendukung pengembangan bisnis UMKM. Platform ini juga memiliki berbagai fitur untuk meningkatkan pengetahuan bisnis, meningkatkan produktivitas secara digital, membuka akses permodalan, hingga memperluas pemasaran sampai ke luar negeri.

Telkomsel akan terus memaksimalkan pemanfaatan platform 99% Usahaku guna meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan digital para pelaku UMKM sehingga mampu mengakselerasi transformasi sektor UMKM secara nasional.

“Kolaborasi ini menjadi bagian dari langkah nyata Telkomsel dalam mendukung UMKM Go Digital, yang merupakan program pemerintah untuk semakin meningkatkan daya saing UMKM hingga ke taraf global. Kami berharap kolaborasi ini dapat mewujudkan pemberdayaan UMKM yang lebih komprehensif, serta membantu transformasi digital lintas sektor yang lebih merata dan cepat untuk memperkuat perekonomian nasional melalui pemanfaatan layanan dan solusi digital yang terintegrasi,” tambahnya.

Adapun Ketua Umum PPUMI Munifah Syanwani menyampaikan, pihaknya harus meningkatkan upaya dan usaha UMKM untuk melakukan akselerasi, terutama melalui kanal digital.

“Segala sesuatunya dan transaksi apa pun yang dilakukan saat ini sudah harus menggunakan digital. Tidak hanya di perkotaan saja, akan tetapi merambah sampai ke pedesaan nun jauh di sana, yang tentunya semua itu membutuhkan perhatian tersendiri. Oleh karena itu, PPUMI bekerja sama dengan Telkomsel sedang mempersiapkan berbagai inisiatif terkait dengan digitalisasi UMKM, mulai dari sosialisasi, edukasi dan pembinaan yang akan dilakukan rutin secara nasional, sekaligus mempersiapkan inisiatif terkait pembiayaan atau akses permodalan serta pasar, yang semuanya sudah mengarah kepada sistem digitalisasi,” timpalnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Business

To Top