Leader Visioner BPJS Kesehatan Ali Gufron Mukti Dinobatkan sebagai “CEO dengan Reputasi Terbaik” oleh Infobank
Jakarta— Ali Ghufron Mukti, Direktur Utama BPJS Kesehatan berhasil menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dan banyak menerima penilaian positif dari publik pada kanal digital media sosial.
Berkat kepiawaiannya dalam menakhodai perusahaan, Infobank dan Isentia memberikan penghargaan The Most Reputable Social Security Agency CEO in Digital Brand 2025 kepada Ali Ghufron Mukti di ajang “14th Infobank-Isentia Digital Brand Awards 2025” di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis, 20 Maret 2025.
Di tangan Ghufron, jumlah kepesertaan Program JKN terus meningkat. Tercatat, pada September 2024, sudah lebih dari 277 juta jiwa atau 98,67% masyarakat yang masuk sebagai peserta JKN.
Jumlah itu membuat BPJS Kesehatan sukses mendapatkan predikat Universal Health Coverage (UHC) lebih cepat dari yang ditetapkan.
BPJS Kesehatan juga terus didorong menggunakan sarana digital guna memperluas akses layanan serta memberikan kemudahan bagi seluruh peserta JKN. Berkat upaya digitalisasi yang dilakukan, proses administrasi peserta menjadi lebih mudah dan cepat.
Misalnya saja, pemanfaatan NIK digunakan dalam inovasi FRISTA yang merupakan sistem identifikasi dan autentikasi yang menggunakan fitur wajah (face recognition) untuk proses verifikasi identitas peserta JKN. Dengan FRISTA verifikasi akan menjadi lebih cepat dan akurat, sehingga mampu mengurangi antrean dan meminimalisir kesalahan.
Selain itu, berbagai inovasi berbasis digital juga telah dihadirkan BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan pelayanan.
Optimalisasi Aplikasi Mobile JKN misalnya, yang terus diperbarui dengan menghadirkan ragam fitur inovatif. Termasuk i-Care JKN, yang memungkinkan petugas medis menelusuri riwayat kesehatan peserta dalam satu tahun terakhir. Kehadiran fitur ini dinilai memudahkan koordinasi antardokter dan memberikan perawatan yang lebih komprehensif.
Selain itu, adanya fitur baru seperti telekonsultasi, skrining riwayat kesehatan, antrean online menjadi solusi atas pelayanan yang diakses peserta. Kemudian pihaknya juga menghadirkan layanan administrasi non tatap muka berbasis digital melalui Whatsapp (PANDAWA). Di samping itu terdapat layanan Voice Interractive JKN (VIKA) hingga BPJS Kesehatan Care Center 165 juga menjadi alternatif bagi peserta yang ingin mengakses pelayanan kesehatan secara mudah.
Berbagi inovasi yang dihadirkan itu berdasarkan customer journey. BPJS Kesehatan melihat bagaimana inovasi itu dapat memenuhi kebutuhan peserta dan dapat diakses dengan mudah. Apalagi dengan komitmen BPJS Kesehatan melalui upaya transformasi mutu layanan.
Dalam menghadapi tantangan di masa depan, BPJS Kesehatan terus melakukan berbagai langkah strategis untuk memperkuat layanan kesehatan. Seperti memperkuat fungsi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebagai gatekeeper dalam pelayanan kesehatan. Perseroan juga berkomitmen untuk meningkatkan sinergi lintas lembaga dalam pemanfaatan teknologi guna mengoptimalkan layanan kesehatan. Khususnya program promotif dan preventif.
Menurut Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto, riset digital brand dilakukan untuk meningkatkan kesadaran terkait strategi branding baru yang perlu dilakukan di era digital. Saat ini, interaksi digital memiliki pengaruh besar terhadap persepsi konsumen.
“Reputasi online sebuah perusahaan bisa menjadi penentu kesuksesan maupun kegagalan. Media online memainkan peran penting sebagai sumber data yang sangat besar dan kuat. Media sosial juga dapat digunakan sebagai saluran layanan pelanggan yang interaktif,” ujar Eko B. Supriyanto, saat memberikan sambutan.
Acara “14th Infobank-Isentia Digital Brand Award 2025” didahului dengan Sharing From Visionary Leaders bertajuk “Business Vision in Global Divergences” dengan menghadirkan pembicara Ridha D.M. Wirakusumah, Ketua Dewan Direktur Indonesia Investment Authority. Selain memberikan penghargaan kepada 88 institsi, Infobank dan Isentia juga memberikan penghargaan “CEO in Digital Brand 2025” kepada 8 CEO”.
Acara yang bisa disaksikan secara live melalui InfobankTV Channel Youtube ini terselenggara berkat dukungan para sponsor antara lain, Livin by Mandiri, Kopra by Mandiri, PNM, Akulaku Finance, HSBC, Bank of China, KB Bank, BSI, WOM Finance, Bank Jatim, SMI, Jasa Raharja, Mandiri Utama Finance, AlloBank, BPJS Kesehatan, Asuransi Tugu, Bank Mayapada, Bank Jasa Jakarta, BTN, Askrindo, Bank Banten, Hanwa Life, IndonesiaRe, Nanabank Syariah, Bank DKI, Bank Jateng, Syailendra, Indonesia Eximbank, Zurich, Avrist, BTPN, Pertalife, Maybank, Adira Finance, Bank CIMB Niaga, Asuransi JMA Syariah, Bank Muamalat, MNC Bank, BCA Syariah, Bank Riau Kepri Syariah,dan Sucofindo.(*)