Usai Diwisuda Doktor, Rivan Purwantono Siap Luncurkan Lima Bukunya

RIVAN A. Purwantono, Direktur Utama Jasa Raharja (persero) resmi memiliki gelar doktor setelah diwisuda di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, pada 19 September 2023 lalu. Peraih doktor di bidang hukum ini menyelesaikan disertasinya “Rekonstruksi Regulasi Pertanggungjawaban Hukum Pemilik Kendaraan Bermotor pada Kecelakaan Lalu Lintas yang Berkeadilan.” Disertasi tersebut menjadikannya sebagai lulusan terbaik pertama Unissula dengan indeks prestasi 3,99.

“Alhamdulillah saya lulus summa cumlaude, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak telah mendukung,” ujar pria yang menyelesaikan gelar sarjananya di Universitas Gadjah Mada ini kepada Asianpost, 22 September 2023.

Tak hanya gelar akademis, Rivan yang akan memperingati hari kelahirannya pada 26 September ini juga sedang bersiap-siap meluncurkan lima bukunya sekaligus. Buku pertama, buku berjudul Melawan Bank Gagal yang diterbitkan oleh Infobank Publishing.

AP HEADER

Buku ini berisi bagaimana Rivan sebagai bankir berhasil memimpin penyelamatan Bank Bukopin yang kolaps pada tahun 2020. Dua buku berikutnya berjudul Crisis Leadership: Seni Memimpin Organisasi di Tengah Krisis serta Effective Change Management: Mewujudkan Manajemen Perubahan Efektif, yang diterbitkan Penebit Buku Kompas. Dua buku berikutnya berjudul Sraweng Laden Sembodo dan buku dari disertasinya dengan judul Pertanggungjawaban Hukum, Regulasi dan Keadilan.

Menurut suami dari Dyah Murtiningsih ini, penulisan buku berdasarkan pengalaman memimpin penyelamatan Bank Bukopin diharapkan menjadi dokumentasi dan pembelajaran.

“Tidak ada maksud saya untuk menonjolkan diri atau menunjukkan kepemimpinan saya di Bank Bukopin atau Jasa Raharja. Karena keberhasilan saya memimpin lembaga adalah keberhasilan banyak pihak seperti teman-teman direksi dan komisaris, Otoritas Jasa Keuangan, pemegang saham, dan karyawan,” ujar salah satu peraih tropi Infobank Banker of The Year tahun 2021 ini. SW

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.