Seorang Polisi Tertembak Saat Amankan Demo di Papua

THE ASIAN POST, JAYAPURA— Seorang anggota Polda Papua, AKP Saiin, ditembak orang tak dikenal saat mengamankan protes massa yang turun ke jalan buntut insiden pengusiran mahasiswa Papua di Kota Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Korban diketahui ditembak di kawasan Perumnas III, Jayapura pada Senin (19/8). Saat ini, korban sudah dievakuasi ke RS Bhayangkara di Kotaraja, Papua.

Protes massa tak hanya terjadi di Jayapura, tetapi juga terjadi di Manokwari, Papua Barat. Sekelompok massa memblokade sejumlah jalan utama di Manokwari, Papua Barat. Mereka menebang pohon dan membakar ban untuk memblokade jalan.

Blokade jalan yang dilakukan massa ada di Jalan Trikora Wosi, Jalan Yossudarso dan Jalan Merdeka Manokwari. Aparat TNI dan Polri pun masih berjaga-jaga di lokasi tersebut. Akibat blokade yang dilakukan massa, membuat arus transportasi di daerah tersebut lumpuh total.

Aksi protes masssa ditengarai sebagai buntut dari peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur serta Semarang Jawa Tengah beberapa hari lalu.

Ratusan warga dari sejumlah organisasi masyarakat menggeruduk tempat asrama mahasiswa Papua di Surabaya. Massa merasa geram karena para mahasiswa asal Papua tersebut menolak memasang bendera merah putih untuk memperingati HUT RI pada 17 Agustus.

Ketika ramai digeruduk massa, pihak Muspika sempat memasang bendera merah putih. Namun oleh salah seorang mahasiswa, bendera merah putih tersebut dibuang. Akibatnya, massa terpancing dan emosi atas tindakan tersebut. []

Baca juga...
You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.