Connect with us

Selamat! UUS Bank Nagari Terima Penghargaan Sangat Bagus dari Infobank 

Perbankan

Selamat! UUS Bank Nagari Terima Penghargaan Sangat Bagus dari Infobank 

Bali – Unit usaha syariah (UUS) Bank Nagari mengukir prestasi di ajang Infobank 11th Sharia Awards 2022, yang merupakan rangkaian dari kegiatan Islamic Finance Summit yang diselenggarakan Infobank Bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), di Bali, Kamis, 22 September lalu. Penghargaan diterima langsung oleh Muhamad Irsyad, Direktur Utama Bank Nagari.

“UUS Bank Nagari berada di posisi terdepan di kelompok UUS kelas aset Rp 2,5 triliun sampai di bawah Rp5 triliun dalam penghargaan tersebut. Bahkan, UUS Bank Nagari berhasil meraih skor sebesar 94,03 persen, yang kemudian disusul oleh Bank Kaltimtara dan Bank Kalsel,” kata Irsyad.

Dia menambahkan, UUS Bank Nagari mampu memaksimalkan kinerja bisnis dengan sangat baik dalam setahun terakhir. Skor ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 86,10 persen.

Pada tahun 2021, UUS Bank Nagari dengan aset sebesar Rp2,66 triliun, berhasil membukukan sejumlah pertumbuhan yang positif. Yaitu dari sisi pembiayaan tumbuh 30,03 persen secara tahunan atau menjadi Rp2,06 triliun dari Rp1,58 triliun pada 2020. Pertumbuhan ini di atas rata-rata Industri yang tercatat 11,59 persen.

“Kenaikan pembiayaan UUS Bank Nagari juga diikuti dengan kualitas pembiayaan yang terjaga, ditandai dengan rasio Non Performing Financing (NPF) yang mengalami penurunan dari 2,27 persen pada tahun 2020 menjadi 1,65 persen pada 2021. Ini membuktikan, Bank Nagari mampu mengelola kualitas pembiayaannya menjadi lebih baik,” tegas Irsyad.

Sementara dana pihak ketiga (DPK) UUS Bank Nagari tercatat Rp2,48 triliun atau tumbuh 16,37 persen. Dengan tumbuhnya dari sisi pembiayaan dan DPK turut mendorong perolehan laba UUS Bank Nagari menjadi RP67,78 miliar atau tumbuh 74,18 persen.

Kenaikan laba ini seiring dengan rasio profitabilitas Return On Asset (ROA) UUS Bank Nagari tumbuh 2,60 persen, naik dari tahun sebelumnya yang tercatat 1,68 persen.

Ditambahkan Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari, Gusti Candra, prestasi yang diraih oleh UUS Bank Nagari ini merupakan hasil bersama dari direksi Bank Nagari serta seluruh karyawan Bank Nagari.

“Dengan prestasi yang didapatkan tersebut, kami berharap UUS Bank Nagari terus termotivasi untuk bisa berkontribusi semaksimal mungkin dalam peningkatan perekonomian, khususnya syariah, di Sumbar,” pungkasnya.

Penulis: Ari Nugroho

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Perbankan

Most Popular