Connect with us

Resesi di Depan Mata, Produk Asuransi Makin Dibutuhkan

(Foto: Net)

Insurance

Resesi di Depan Mata, Produk Asuransi Makin Dibutuhkan

Jakarta – Pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengungkapkan resesi global akan menghantui di tahun 2023 dapat dijadikan pengingat untuk kita semua agar lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan di tahun mendatang. Kebijaksanaan melalui strategi finansial yang tepat dibutuhkan agar bisa terhindar dari bencana finansial yang sewaktu-waktu bisa datang di masa krisis.

Salah satu strategi yang dapat diambil adalah menjadi nasabah produk asuransi, seperti yang diungkapkan oleh Antonius Tan selaku Head of Sequis Digital Channel. Menurut Antonius, dengan memiliki asuransi, maka masyarakat bisa menghemat keuangannya dari biaya-biaya yang tidak terduga ketika mengalami musibah dadakan.

“Mulai lindungi diri pastinya. Kalau misalnya resesi nanti benar-benar terjadi dan amit-amit terjadi sesuatu pada diri kita, maka akan ada pengeluaran tambahan yang tak perlu. Oleh karena itu, penting bagi kita di sini punya produk asuransi seperti asuransi kesehatan misalnya untuk meminimalisir pengeluaran-pengeluaran mendadak yang tidak terduga,” jelas Antonius pada acara diskusi bertajuk “Resesi Global, Kesempatan atau Ancaman?” di Jakarta, Kamis, 24 November 2022.

Ia jelaskan bahwa pada dasarnya semua produk asuransi dirancang untuk melindungi individu dari krisis. Secara finansial, keberadaan perusahaan asuransi meringankan beban individu atau kelompok individu yang terkena musibah.

“Basicnya semua produk asuransi itu ya bertujuan melindungi individu dari krisis, karena memang asuransi itu dibuat untuk mengalihkan risiko dari pemilik polis. Misalnya saya membeli produk asuransi untuk orang tua saya, jadi ibaratnya saya membagikan tanggungan risiko hidup yang dapat menimpa orang tua saya itu kepada perusahaan asuransi. Itu adalah logic asuransi,” ucapnya.

Namun demikian, dirinya juga menjelaskan bahwa masyarakat tetap perlu bijak dalam memilih produk asuransi, karena tidak semua produk asuransi itu sesuai dengan kebutuhan unik setiap individu. Apalagi di era digital yang mana produk asuransi bisa dipilih pada satu platform secara online, seseorang bisa semakin lebih mudah untuk menganalisa produk asuransi mana yang cocok dengan kebutuhannya.

“Ini produknya itu covernya apa saja. Sesuai tidak sama kebutuhan kita, itu kita harus tahu dulu. Ketika mereka sudah ada di platform online, kita bisa pelajari produk-produk itu tanpa ada yang ditutupi. Kalau ada yang belum jelas bisa kita tanyakan lagi by phone ke kantornya misalnya, jadi pelajari lagi produk-produk asuransi itu sebelum membelinya. Kita harus tahu produk apa yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan,” tutupnya.

Penulis: Steven Widjaja

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Insurance

Most Popular