Connect with us

Proklim Bikin Tanjung Medan Hijau dan Nyaman

(Foto: Dok. PTPN V)

Regional

Proklim Bikin Tanjung Medan Hijau dan Nyaman

Pekanbaru – Pepohonan menjulang berbaris rapi di Dusun V Kepenghuluan Perkebunan Tanjung Medan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau sejenak menyambut riang.

Di sudut lain, halimun pagi bergumul di dedaunan warna-warni bunga yang menghiasi tiap rumah di wilayah yang juga merupakan salah satu unit PT Perkebunan Nusantara V itu. Sejuk dan segar menyeruak hidung membuai memori suasana kampung halaman pedesaan.

Pemandangan yang bakal membuat setiap orang yang datang jatuh cinta pada pandangan pertama.

Dua tahun terakhir, Dusun V Kepenghuluan Perkebunan Tanjung Medan, yang juga merupakan salah satu wilayah operasional kebun dan pabrik kelapa sawit PTPN V terus berbenah. Program Bank Sampah awal 2020 telah membawa perubahan bagi pola pikir ratusan warga dan karyawan PTPN V yang bermukim dan bertugas di Dusun V Kepenghuluan Perkebunan Tanjung Medan.

“Program Bank Sampah menjadi cikal bakal karyawan-karyawan kami untuk lebih peduli akan lingkungannya,” kata Manajer Tanjung Medan Dedi Sulistiono dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Senin (26/9/2022).

Program tersebut berlanjut dengan pembuatan pupuk cair alami, penanaman padi, penebaran ikan di sungai, pembangunan sentra hortikultura, hingga proyek gizi yang turut didorong oleh IKBI PTPN V.

Seluruh program tersebut kian gemilang setelah Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir tertarik untuk melakukan monitoring dan memberikan masukan akan konsep hijau yang telah diusung segenap karyawan PTPN V Tanjung Medan.

Dalam sosialisasinya, DLH Rokan Hilir memilih agar PTPN V Unit Tanjung Medan menjadi salah satu perwakilan Rokan Hilir mengikuti Program Kampung Iklim (ProKlim) yang dilaksanakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

“Dari awalnya Bank Sampah dan Proyek Gizi yang menjadi fondasi kegiatan Proklim. Bulan Maret 2022 dilaksanakan Sosialisasi Proklim oleh DLH, hingga diumumkan bahwa Dusun V Kepenghuluan Perkebunan Tanjung Medan terpilih sebagai salah satu dari 413 lokasi se-Indonesia sebagai kandidat proklim utama,” ujarnya.

Proklim nyatanya menjadi pemicu semangat tersendiri bagi segenap karyawan PTPN V Tanjung Medan untuk terus menggalakkan kegiatan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan Iklim seperti proyek gizi dan ketahanan pangan melalui pekarangan dan pengelolaan sampah terintegrasi Bank Sampah.

“Dan saat ini kami tengah melakukan uji coba penanaman padi dengan aplikasi pupuk cair dari limbah PKS, Posyandu untuk PHBS serta pengendalian penyakit terkait Iklim, pemanfaatan energi baru-terbarukan, dan banyak lagi,” tuturnya.

Lebih jauh, ia mengakui bahwa keikutsertaan Proklim telah mendorong warga untuk lebih giat dan bersemangat melakukan kegiatan positif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan serta meningkatkan ketahanan warga terhadap perubahan iklim.

Selain itu, ia menilai Proklim juga selaras dan mendukung Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper).

“Semoga Dusun V Kepenghuluan Perkebunan Tanjung Medan lolos menjadi proklim utama, dapat membina calon lokasi-lokasi proklim lain dan menjadi proklim Lestari,” harapnya.

Editor: Ari Nugroho

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Regional

Most Popular