Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1440 pada 5 Juni

THE ASIAN POST, JAKARTA  ― Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan, 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019.

Keputusan  ini setelah dilakukannya sidang isbat di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/6).

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, memimpin langsung sidang tersebut.

Sebelumnya, pakar astronomi dari Tim Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya, saat paparan, menegaskan bahwa tidak ada referensi empirik visibilitas (ketampakan) hilal awal Syawal 1440 H bisa teramati di seluruh wilayah Indonesia pada hari Senin (3/6).

Hal ini disampaikan Cecep saat memaparkan data posisi hilal menjelang awal bulan Syawal 1440H/2019M pada Sidang Isbat Awal Syawal  1440H, di Jakarta.

“Semua wilayah Indonesia memiliki ketinggian hilal negatif. Hilal terbenam terlebih dahulu dibanding matahari,” terang Cecep.

Hadir dalam jumpa pers usai sidang isbat, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin,  Ketua MUI K.H. Yusnar Yusuf, dan Ketua Komisi VIII Ali Taher.

Baca juga...

Jenderal Naga Bonar

Turut hadir pula dalam sidang isbat para duta besar negara sahabat, pimpinan ormas termasuk NU dan Muhammadiyah, pakar astronomi dari LAPAN dan Planetarium Boscha, serta para pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama. []

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.