Muncul di IIMS, Raffi Ahmad Ungkap Alasan Suka Mobil Listrik

Jakarta — Even Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 16-26 Februari 2021 benar-benar menjadi magnet bagi penyuka “kuda besi” di Indonesia. Apalagi, pada ajang IIMS tahun ini dipamerkan aneka jenis mobil masa depan, yakni mobil listrik (electric vehicle/EV).

Tak hanya dari kalangan masyarakat biasa, beberapa selebritis Tanah Air juga terlihat nyanggong arena IIMS. Salah satunya pasangan selebritis papan atas, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Gigi). Seolah tak sabar ingin melihat mobil-mobil new release, utamanya mobil listrik, Raffi dan Gigi bahkan datang di hari pertama pameran dibuka, yakni pada Kamis, 16 Februari 2023.

Begitu masuk arena IIMS di Hall A, Raffi dan Gigi langsung merapat ke booth Mitsubishi. Bukan tanpa alasan mereka langsung ke booth pabrikan asal Jepang itu. Ternyata Raffi melihat satu unit mobil yang di matanya begitu keren dan futuristik.

202030516 – Infobank Award 2023

“Wah, ini mobil keren sekali. Ini mobil masa depan. Ini mobil listrik kan,” tanya Raffi kepada pramuniaga yang menjaga mobil Mitsubishi XFC yang dikagumi Raffi.

Ternyata, Raffi salah sangka. Mobil Mitsubishi XFC yang ditaksirnya itu ternyata bukan mobil listrik. Raffi sadar setelah mengamati ternyata mobil tersebut mobil bertenaga mesin berbahan bakar bensin. “Iya, ini mobil tenaga BBM,” jelas si pramuniaga.

Meski sudah tahu jika Mitsubishi XFC bukan mobil listrik, Raffi sepertinya sudah kadung kepincut. “Tapi ini keren sekali. Interiornya mewah. Mobil masa depan,” ujarnya, berulang-ulang.

Dan, sayangnya lagi, Mitsubishi XFC yang dipamerkan di IIMS itu ternyata baru sebatas mobil concept alias mobil prototype. Jadi, belum dipasarkan di Indonesia. “Tapi nantinya akan dipasarkan di sini,” sela si pramuniaga.

Tak salah jika Raffi mengira Mitsubishi XFC sebagai mobil listrik. Sebab, desain dan tampilannya sangat EV: modern dan futuristik. Apalagi, Raffi adalah salah satu kolektor mobil listrik di Indonesia, sehingga ekspektasinya mobil keren itu sebagai mobil listrik.

Seperti diketahui, Raffi adalah salah satu artis Tanah Air yang hobi mengkoleksi mobil-mobil mewah. Di antara mobil koleksinya adalah mobil listrik. Merek Tesla, pelopor mobil listrik besutan Elon Musk. Tak tanggung-tanggung, saat itu Raffi langsung membeli 5 unit dengan harga hingga Rp4 miliar.

“Total habis Rp20 miliar untuk lima unit mobil Tesla itu,” kata Raffi saat itu.

Raffi mengungkapkan kesukaannya pada mobil listrik selain desain dan tampilannya yang futuristik, mobil bertenaga baterai itu ramah lingkungan. “Suaranya aja ndak ada. Ini benar-benar ramah untuk lingkungan,” ujarnya.

Mobil listrik memang ramah lingkungan. Itulah mengapa Presiden Jokowi berencana memberikan subsidi untuk penjualan kendaraan listrik, baik mobil maupun motor. Untuk motor subsidinya di kisaran Rp7 jutaan. Sementara, untuk mobil masih belum ditentukan karena subsidi lebih pada produksi baterai yang masih sangat mahal.

Bank Danamon dan Adira Finance sebagai official resmi ajang akbar IIMS 2023 juga turut mendukung rencana pemerintah tersebut. Makanya, untuk pembelian mobil dan motor listrik, mereka banyak memberi kemudahan dan penawaran menarik.

Dewa Made Susila, Presiden Direktur Adira Dinamika Multi Finance, mengatakan, sebagai bentuk komitmen mendukung pengembangan green energy, Adira Finance akan melakukan green financing dengan mensubsidi hingga Rp7,5 juta untuk kendaraan listrik.

“Melalui KPM Prima, Bank Danamon dengan dukungan Adira Finance memberikan kemudahan bagi nasabah untuk menjadi bagian dari generasi baru yang semakin peduli terhadap lingkungan,” tambah Niko Kurniawan, Chief of Sales, Service & Distribution Adira Finance. (*)

Penulis: Darto Wiryosukarto

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.

English EN Indonesian ID