Connect with us

Kinerja Positif, Yodya Karya Sukses Raih Infobank The Best SOE 2022

Business

Kinerja Positif, Yodya Karya Sukses Raih Infobank The Best SOE 2022

Jakarta – PT Yodya Karya yang bergerak di bidang jasa konsultan teknik dan manajemen ini berhasil meraih Infobank The Best State Owned Enterprise (SOE) 2022 atas predikat kinerja “Sangat Bagus”, pada Kamis, 22 September 2022 di The Stones Hotel, Bali.

Ajang penghargaan Infobank The Best SOE 2022 ini didasarkan pada hasil Rating 127 BUMN Versi Infobank 2022 yang dirilis Biro Riset Infobank (birI) yang mengacu pada kinerja keuangan periode buku 2020-2021. Perusahaan BUMN yang dirating terbagi ke dalam tiga kelompok, yakni BUMN, BUMN di bawah Kementerian Keuangan, dan anak perusahaan BUMN.

Kriteria pada rating ini secara garis besar terdiri atas dua hal, yakni kriteria pertumbuhan dengan total pembobotan 20% dan rasio keuangan penting dengan total bobot 80%.  Pertumbuhan aset, ekuitas, dan usaha perusahaan BUMN dikatakan sangat bagus jika persentase pertumbuhannya lebih atau sama dengan 15%. Sedangkan pertumbuhan laba dikatakan sangat bagus bila pertumbuhannya sama atau di atas 20%.

PT Yodya Karya yang dinahkodai Colbert Thomas Pangaribuan selaku direktur utamanya, mencatatkan kinerja apik sepanjang 2021. Pos pendapatan usaha Yodya Karya tumbuh 2,13% secara tahunan menjadi Rp335,17 miliar sepanjang 2021. Laba korporasi lalu ikut terdongkrak sebesar 76,64% menjadi Rp24,54 miliar.

Tak cukup sampai di situ, Yodya Karya juga memberikan imbal hasil menguntungkan kepada shareholder dengan rasio return on equity atau ROE-nya 11,54%, lebih tinggi daripada rata-rata ROE BUMN yang dirating, yang sebesar 4,77%.

“Pandemi mengajarkan kami tentang efisiensi. Banyak biaya yang tadinya harus keluar menjadi efisien. Lalu, kami juga mengembangkan infrastruktur teknologi,” tutur Colbert Thomas Pangaribuan, kepada Infobanknews, beberapa waktu lalu. (*)

Penulis: Steven Widjaja

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Business

Most Popular