KA Turangga dan KA Bandung Raya Adu Banteng, Masinis Terjepit Gerbong

Jakarta— Peristiwa adu banteng antarkereta api kembali terjadi. Kali ini, kereta api (KA) Turangga dengan KA Komuter Bandung Raya saling bertabrakan di petak jalan rel antara Stasiun Haurpugur-Cicalengka KM 181, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1/2024).

Kecelakaan tersebut mengakibatkan kerusakan yang cukup parah pada bagian depan gerbong kereta. Peristiwa nahas ini terjadi sekitar pukul 06.00 WIB dan penyebabnya masih diselidiki hingga saat ini.

Dalam foto yang diterima Asianpost, seorang masinis tampak terjerpit di antara gerbong yang ringsek. Sementara, KAI belum menyampaikan keterangan resmi terkait korban jiwa maupun luka-luka akibat peristiwa.

Executive Vice President (EVP) of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, menjelaskan saat ini jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui. Mengingat kecelakaan tersebut menutupi seluruh badan rel.

Baca juga...

Jenderal Naga Bonar

“KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengalami musibah tersebut,” ujar Raden dalam keterangannya, Jumat, (5/1/2024).

Raden menyebut, KAI akan melakukan upaya evakuasi terhadap dua rangkaian kereta api, sekaligus memperbaiki jalur rel yang mengalami kerusakan.

Bagi perjalanan kereta api yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

Baca juga...

“KAI menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan akibat kejadian tersebut,” ujar Raden.

Raden memastikan bahwa KAI akan menggandeng pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menginvestigasi penyebab kecelakaan tersebut. (*) RAL

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.