Connect with us

Jokowi Akan Reshuffle Kabinet, Ini Nama-nama Calon Menteri yang Beredar

Presiden Jokowi di Istana Negara. (Foto: Ist)

National

Jokowi Akan Reshuffle Kabinet, Ini Nama-nama Calon Menteri yang Beredar

Jakarta — Sejak Selasa (14/6) pagi isu akan terjadinya reshuffle kabinet ramai dibicarakan di ruang publik. Dikabarkan, ada 5 nama menteri yang akan diganti oleh Presiden Jokowi.

Info yang beredar di kalangan terbatas, menteri-menteri yang akan diganti antara lain Menteri Perdagangan M Luthi diganti Erick Thohir. Posisi Erick di Kementerian BUMN akan digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin.

Pos Menteri Kesehatan yang ditinggalkan Budi kabarnya akan diisi oleh nama baru: Dante Saksono Harbuwono. Dante adalah dokter di RSCM, dosen FKUI, dan anggota Tim Dokter Kepresidenan RI.

Menteri lain yang akan digeser adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil. Posisinya konon akan ditempati pendatang baru: Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Namun, nama mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto juga dikabarkan akan mengisi pos Menteri ATR. Tapi, kabar lain, Hadi akan ditempatkan di Kementerian Perhubungan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga dikabarkan akan digantikan oleh Moeldoko, Kepala Staf Kepresiden. Nama Zulkifli Hasan juga santer bakal diposkan di Kementerian Pertanian.

Yang menarik lainnya, Prabowo Subianto juga dikabarkan bakal digeser. Infonya, Ketua Umum Partai Gerindra itu akan digeser jadi Menkopolhukam.

Benarkah?

“Yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya Presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan aja ya terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Selasa (14/6)

Jadi, kita tunggu saja besok, atau lusa. (*)

 

Penulis: Darto Wiryosukarto

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in National

To Top