Connect with us

Jamkrindo Raih Special Award di Infobank SME Financing Awards 2022

Finance

Jamkrindo Raih Special Award di Infobank SME Financing Awards 2022

Jakarta – PT Jamiman Kredit Indonesia (Jamkrindo) mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai “The Most Dominant Supporting Company in SME Financing Sector 2022” dalam Infobank SME Financing Awards 2022. Penghargaan diberikan oleh Majalah Infobank pada ajang Infobank Green UMKM Summit 2022” di Jakarta pada Senin, 27 Juni 2022.

PT Jamkrindo berhak atas penghargaan ini berkat kontribusi perusahaan dalam mendukung sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan penopang ekonomi nasional. Perusahaan penjaminan yang berada di bawah kepemimpinan Putrama Wahju Setyawan selaku direktur utama ini telah menjamin kredit 17,75 juta UMKM di Indonesia hingga 2021 Dari jumlah itu, sebanyak 952 ribu di antaranya merupakan usaha mikro dan menengah yang dijaminkan pada 2020-2021 dengan total nilai kredit sebesar Rp14,84 triliun. Hal ini membuktikan kontribusi PT Jamkrindo dalam memberikan keyakinan kreditur UMKM dalam menyalurkan kredit yang sehat berkualitas dan berkesinambungan, terutama pada masa pandemi ketika loan at risk (LAR) meningkat tajam.

Putrama mengungkapkan, di usia yang ke-52 tahun, Jamkrindo diharapkan senantiasa dapat menjalankan fungsi strategisnya dalam menunjang kebijakan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional. “Dengan semangat transformasi dan kolaborasi yang dijalin dengan segenap stakeholder dan regulator, harapannya, peningkatan performansi perusahaan akan berdampak luas pada tumbuhnya perekonomian bangsa yang ditopang oleh UMKM,” ungkap Putrama kepada Infobank Medio Juni lalu.

Penghargaan Top SME Financing Awards 2022 merupakan penghargaan yang diberikan kepada 19 bank atas kinerja kredit UMKM mereka di tahun 2021. Ke 19 bank itu terdiri dari 10 bank umum konvensional, 5 BPD, 2 bank umum syariah, 1 bank digital, dan 1 unit usaha syariah bank umum.

Rating tersebut menggunakan data laporan kinerja keuangan per September 2021, yakni triwulan ketiga tahun terakhir. Ada lima tahapan untuk sampai pada penentuan predikat The Best. Satu, menentukan formula rating berdasarkan perkembangan perbankan khususnya penyaluran kredit UMKM khususnya kebijakan regulator dan pencapaian industri. Dua, mengumpulkan data berdasarkan neraca & rugi-laba Bulan September 2020 hingga September 2021. Tiga, mengolah angka-angka dengan berbagai rasio pertumbuhan, mengelompokkan bank-bank sesuai kelas modal inti (KBMI). Empat, notasional akhir untuk pemberian predikat. (*)

 

Penulis: Dicky F.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Finance

Most Popular

To Top