Connect with us

Ini Dia Institusi Keuangan Peraih Infobank SMEs Finance Awards 2021

Uncategorized

Ini Dia Institusi Keuangan Peraih Infobank SMEs Finance Awards 2021

Jakarta – Sebanyak 20 bank dari 110 bank berhasil meraih penghargaan “Infobank SMEs Finance Awards 2021” atas kinerja penyaluran kredit yang mereka berikan terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada tahun 2020. Penghargaan diberikan oleh Majalah Infobank bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanegara (Untar) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) pada ajang “UMKM Millenial Summit 2021” di Ayana Midplaza, Jakarta, Kamis, 6 Mei 2021.

Penghargaan “Infobank SMEs Finance Awards 2021” diberikan atas dasar kajian Biro Riset Infobank (birI) bertajuk “Rating UMKM 110 Bank Versi Infobank 2021” atas kinerja penyaluran kredit UMKM setiap bank pada tahun 2020. Rating kredit UMKM versi Infobank kali ini merupakan penyelenggaraan tahun kedua. Dari 110 bank, 20 bank berhasil mendapat predikat terbaik dalam hal penyaluran kredit UMKM ini.

Ada lima langkah besar yang dilakukan Biro Riset Infobank dalam menentukan rating UMKM ini. Pertama, menentukan formula rating yang didasarkan pada perkembangan perbankan, khususnya pada penyaluran kredit UMKM, dan kebijakan regulator serta pencapaian perbankan secara industri.

Kedua, mengumpulkan laporan keuangan bank selama periode 2019 – 2020. Ketiga, mengolah angka-angka dengan berbagai rasio dan pertumbuhan yang sudah ditetapkan. Keempat, mengelompokkan bank sesuai dengan modal inti atau kegiatan usaha. Dan kelima, memberikan notasi akhir untuk pemberian predikat dan peringkat.

“Bank yang mendapat nilai besar dalam rating ini haruslah bank yang kinerjanya secara overall baik dan kinerja kredit UMKM-nya juga baik,” ujar Eko B. Supriyanto, Direktur Biro Riset Infobank, dalam kata sambutannya.

Penghargaan yang diterima oleh bank-bank ini membuktikan bahwa kinerja kredit perbankan untuk UMKM masih tumbuh positif di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi. Bahkan, ada lembaga perbankan yang fokus di segmen UMKM, yang kreditnya berhasil tumbuh signifikan di atas rata-rata industri pada tahun 2020.

“Saat ini UMKM sedang tertekan, tapi bukan berarti tak ada peluang sama sekali. Justru sebaliknya, potensi pertumbuhan kredit masih ada di market ini. Syaratnya, bank harus jeli melihat bidang usaha UMKM itu dan mampu menangkapnya,” jelas Eko.

Di samping 20 bank penerima predikat terbaik tersebut, ada juga 5 institusi keuangan (2 institusi keuangan perbankan dan 3 institusi keuangan non-bank) yang menerima special awards.

Pemberian penghargaan “Infobank SMEs Finance Awards 2021” diselenggarakan secara hybrid. Selain di AyanaMidplaza, Jakarta, juga bisa disaksikan secara daring melalui aplikasi Zoom dan channel YouTube InfobankTV.

Acara yang dibuka dengan seminar bertema “Unlocking The Power of SMEs: Membangun Ekosistem dan Akses Keuangan bagi UMKM” itu terselenggara berkat dukungan para sponsor, antara lain BRI, Jamkrindo, BTPN Syariah, Artajasa, BRI Insurance, Mandiri Taspen, Jamkrindo Syariah, dan BCA Syariah.

DAFTAR BANK PERAIH
“INFOBANK SMEs FINANCE AWARDS 2021”

MODAL INTI RP30 TRILIUN KE ATAS (BUKU 4)
Bank Rakyat Indonesia
Bank Central Asia

MODAL INTI RP5 TRILIUN SAMPAI DENGAN DI BAWAH RP30 TRILIUN (BUKU 3)
ASET RP100 TRILIUN KE ATAS
Bank Mega

ASET RP50 TRILIUN SAMPAI DENGAN DI BAWAH RP100 TRILIUN
Bank Syariah Indonesia (Bank BRI Syariah)

ASET DI BAWAH RP50 TRILIUN
Bank Woori Saudara Indonesia 1906
Bank BTPN Syariah

MODAL INTI RP1 TRILIUN SAMPAI DENGAN DI BAWAH RP5 TRILIUN (BUKU 2)
ASET RP25 TRILIUN KE ATAS

Bank Mandiri Taspen
Bank Nagari
Bank Sulselbar

ASET RP10 TRILIUN SAMPAI DENGAN DI BAWAH RP25 TRILIUN
Bank CTBC Indonesia
Bank Mestika

ASET DI BAWAH RP10 TRILIUN
Bank Oke Indonesia
Bank Maspion
Bank BCA Syariah
Bank Ina Perdana

MODAL INTI DI BAWAH RP1 TRILIUN (BUKU 1)
ASET RP5 TRILIUN KE ATAS

Bank Bengkulu

ASET RP1 TRILIUN SAMPAI DENGAN DI BAWAH RP5 TRILIUN
Bank Bisnis

BANK ASING
Bank of China
Bangkok Bank
Standard Chartered Bank

SPECIAL AWARD
Jamkrindo Syariah – The Best Collaborator Sharia Based Company in Micro Financing
Jamkrindo – The Best Collaborator Company in SMEs Financing
BRI Insurance – The Most Supportive and Reliable Company in Microinsurance
BTPN Syariah – The Most Dedicated and Innovative Bank for Ultramicro
BRI – The Most Dedicated & Consistent Bank for SME Financing

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top