Ingin Akhiri Polemik, Mendagri: Izin Anies Sudah Clear

THE ASIAN POST, JAKARTA —  Polemik kunjungan luar negeri yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampaknya ingin diakhiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo menegaskan, terkait izin ke luar negeri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah clear dam sudah ada izin, termasuk perpanjangan izin juga sudah lapor.

Sebelumnya, Tjahjo menyinggung sejumlah kepala daerah yang kerap tidak izin atau memberitahu jika ada kunjungan ke luar negeri, termasuk Gubernur Anies.

AP HEADER

“Sebagai contoh Pak Anies, dia tidak ada wakil gubernur tapi satu tahun berapa kali dia ke luar negeri? Hampir sebulan ada dua (sampai) tiga kali,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin (22/7).

Namun, pernyataan ini langsung dibantah oleh Pemprov DKI melalui Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDHKLN) Pemprov DKI Jakarta Mawardi.

“Semua ada pemberitahuan dan ada balasan (Kemendagri),” kata Mawardi.

Tjahjo menyebut pada bulan ini, Anies baru satu kali ke luar negeri.

“Dan bulan ini pak Anies Baswedan baru satu kali ke luar negeri,” ujar Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/7).

Soal beberapa kepala daerah disebutnya tidak meminta izin, Tjahjo mengatakan, hal itu dapat dilihat dari data  imigrasi sehingga tidak perlu berspekulasi.

Ia juga menegaskan dirinya tidak menyinggung Anies. Sebab, dalam kunjungan kerjanya, Anies sudah meminta izin kepada Kemendagri.

“Saya tidak singgung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, malah saya sebut kunjungan kerjanya sudah ada izin, hal ini saya tegaskan untuk tidak dipelintir pernyataan saya dan ini saya luruskan,” tandasnya. []

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.