Connect with us

Empat Hal Pendongkrak Bisnis UMKM

Business

Empat Hal Pendongkrak Bisnis UMKM

Sumsel – Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Achmad Syamsudin Direktur utama Bank Sumsel Babel, mengatakan ada empat hal yang mendukung keberhasilan bisnis UMKM.

Pertama terkait kesiapan UMKM itu sendiri. Kedua, pendanaan, Ketiga, pembinaan, dan keempat terkait dengan akses pasar. Terkait pendanaan, Achmad menyakini perbankan dan lembaga keuangan lainnya akan mendukung UMKM. Begitu juga dengan pembinaan yang telah banyak dilakukan oleh Pemda dan Pemprov terhadap UMKM di Sumsel Babel.

Achmad menegaskan Bank Sumsel Babel juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas UMKM, khususnya yang ada di provinsi sumatera selatan dan bangka belitung.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan performance daripada UMKM khususnya yang ada di provinsi sumatera selatan dan bangka belitung,” ujar Achmad Syamsudin dalam webminar Bank Sumsel Babel, 2 Juni 2021.

Bentuk dukungan terhadap UMKM juga ia terapkan kedalam lingkungan internal Bank Sumsel Babel. Misalnya, karyawan diwajibkan menggunakan pakaian lokal seperri batik songket setiap hari tertentu.

“Kawan-kawan dari Bank Sumsel Babel juga menggunakan kain jumputan untuk bekerja sehari-hari. Kearifan lokal itu tidak menurunkan nilai dari bankers malah dengan menggunakannya, nilai bankers nya naik. Yang penting adalah ekonomi masyarakat di sini juga naik,” ujarnya. (*) Dicky F. Maulana

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Business

To Top