Dukung Pembayaran Polis yang Tertunda, AJB Bumiputera 1912 Apresiasi Pemegang Polis

Jakarta – Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 menyampaikan apresiasi kepada pemegang polis (pempol) atas dukungan mereka terhadap rencana pembayaran polis asuransi jiwa yang tertunda. Sebagai bentuk dukungan, para pempol yang tergabung dalam Persatuan Keluarga Bumiputera Indonesia (PKBI) mendatangi kantor wilayah Bumiputera di berbagai daerah pada Hari Ulang Tahun perusahaan, pada 12 Februari lalu.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dan antusiasme para pempol di Jakarta, Medan, Yogyakarta, dan sejumlah daerah lainnya. Ini menjadi semangat bagi seluruh karyawan Bumiputera untuk membayarkan hak-hak pempol dengan memperhatikan keberlangsungan perusahaan,” kata Direktur Utama AJB Bumiputera 1912 Irvandi Gustari di Jakarta, dikutip Jumat, 17 Februari 2023.

Ia mengatakan dukungan pempol sangat penting di saat perusahaan berbentuk mutual ini tengah menjalankan Penyehatan Keuangan Perusahaan yang telah mendapat “lampu hijau” dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Jumat, 10 Februari 2023.

- Advertisement -

- Advertisement -

“Karena Bumiputera ini merupakan milik bersama para pemegang polis, dukungan dan kerjasama pempol seperti yang telah ditunjukkan tersebut sangat membantu,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang merupakan salah satu pemegang polis Bumiputera mengatakan, sebagai satu-satunya perusahaan asuransi di Indonesia yang berbadan hukum mutual atau usaha bersama, Bumiputera harus terus didukung.

“Inilah satu-satunya perusahaan kebanggaan Indonesia yang didirikan dengan gotong royong. Dimiliki rakyat, dibesarkan oleh rakyat, dan susah senang atau untung ruginya juga ditanggung oleh rakyat. Semangat ini sungguh luar biasa,” kata Syahrul dalam syukuran ulang tahun Bumiputera di Wisma Bumiputera, Minggu (12/2).

Wakil PKBI Korda DKI Lindawati Yunus mengatakan, para pemegang polis sudah menanti lama kepastian pembayaran klaim asuransi jiwa mereka. Rencana pembayaran klaim asuransi yang disampaikan manajemen Bumiputera menjadi harapan di tengah situasi ekonomi yang sulit.

“Semoga Bumiputera bangkit dan jaya kembali sehingga klaim kami yang sudah lama diharapkan pempol segera dibayarkan, apalagi dengan kondisi ekonomi dua tahun terakhir ini tidak membaik buat kami masyarakat lemah dan berpenghasilan serba kurang,” katanya.

Lalu, Korda PKBI Yogyakarta Renita Gultom yang mendatangi Kanwil Bumiputera Yogyakarta berharap untuk segera dilakukan sosialisasi oleh pihak manajemen pusat hingga ke pempol.

“Kami ini orang tua yang harus berjuang membiayai kebutuhan hidup dan pendidikan anak-anak. Pembayaran klaim polis menjadi harapan di tengah kesulitan. Semoga segera terealisasi,” katanya.

Diketahui Bumiputera merayakan ulang tahun ke-111 pada 12 Februari 2023. Ulang tahun kali ini diperingati dengan sederhana, dengan melakukan renungan perjalanan 111 tahun Bumiputera dan doa bersama, yang dilakukan di seluruh Kantor Wilayah dan Kantor Cabang Bumiputera di Indonesia.

Pada tahun 2021 perusahaan mengalami kerugian sehingga pembayaran klaim asuransi tertunda. Berbagai upaya penyelamatan dilakukan hingga berujung restrukturisasi perusahaan dan penyesuaian nilai klaim agar perusahaan terus dapat berdiri.

Bumiputera merupakan perusahaan berbentuk mutual atau usaha bersama. Dalam Anggaran Dasar Bumiputera pasal 38 ayat 4 disebutkan sebagai usaha bersama, maka keuntungan dan kerugian ditanggung bersama dalam hal ini oleh seluruh anggota atau pemegang polis AJB Bumiputera.

“Mulai akhir Februari kami akan memulai penyampaian informasi kepada pemegang polis melalui Task Force Penyelesaian Klaim Tertunda kepada pemegang polis dan sosialisasi melalui berbagai kanal komunikasi,” ungkap Irvandi.

Editor: Steven Widjaja

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.

English EN Indonesian ID