Connect with us

Cetak Kinerja Gemilang, Pupuk Indonesia Terima Penghargaan BUMN Terbaik 2022

Business

Cetak Kinerja Gemilang, Pupuk Indonesia Terima Penghargaan BUMN Terbaik 2022

Bali – Kinerja cemerlang PT Pupuk Indonesia di 2021 diganjar dengan penghargaan BUMN Sangat Bagus dari Infobank. Penghargaan ini diberikan kepada PT Pupuk Indonesia di ajang BUMN Award 2022 yang diadakan oleh Infobank, sebagai rangkaian dari acara Islamic Finance Summit 2022, Islamic Finance Summit 2022, yang diselenggarakan di Bali, pada Kamis 22 September 2022.

Biro Riset Infobank mencatat, transformasi yang dilakukan PT Pupuk Indonesia menunjukkan dampak positif terhadap kinerja perusahaan BUMN ini. Pada 2021, PT Pupuk Indonesia mencatatkan pertumbuhan laba 120,79%, secara tahunan menjadi Rp5,13 triliun. Sumber laba, salah satunya adalah pendapatan usaha yang sebesar Rp78,60 triliun, naik 9,36%. Sedangkan harga pokok penjualan dan beban usahanya sebesar Rp68,77 triliun. Tidak heran bila cuan yang didapatnya pun tebal.

Pupuk Indonesia juga mencatatkan pertumbuhan 6,79% dari sisi ekuitas atau menjadi Rp71,94 triliun. Di 2021, total aset perusahaan yang dipimpin Achmad Bakir Pasaman sebagai direktur utama ini Rp128,46 triliun atau meningkat 4,87%. Diakui Bakir, kinerja positif Pupuk Indonesia tidak lepas dari transformasi yang dilakukan perseroan. Kinerja anak usaha yang tumbuh solid juga menopang kinerja Pupuk Indonesia.

Di lain sisi, PT Pupuk Indonesia terus memperkuat budaya inovasi di tingkat kelompok usahanya. Komitmen tersebut diwujudkan salah satunya melalui konvensi inovasi Pupuk Indonesia Quality Improvement (PIQI) 2022. Melalui kegiatan ini, Pupuk Indonesia membuktikan akan terus meningkatkan efektivitas proses, efisiensi biaya, dan kinerja guna meningkatkan daya saing perusahaan.

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia, Panji Winanteya Ruky mengungkapkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang meminta Pupuk Indonesia untuk terus melakukan inovasi dan transformasi agar menjadi perusahaan berkelas dunia.

“PIQI 2022 merupakan ajang kompetisi inovasi yang berkelanjutan dan telah berjalan pada pada tahun ketiga. PIQI merupakan sarana untuk berbagi pengetahuan atau sharing knowledge seputar inovasi-inovasi yang memberikan added value bagi perusahaan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup,” kata Panji.

Penulis: Ari Nugroho

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Business

Most Popular