Connect with us

Capital Life Syariah Sukses Boyong Infobank Sharia Awards 2022

Insurance

Capital Life Syariah Sukses Boyong Infobank Sharia Awards 2022

Bali – PT Capital Life Syariah berhasil membawa pulang penghargaan Infobank 11th Sharia Awards 2022 yang diadakan Kamis, 22 September 2022 di The Stones Hotel, Legian Bali. Capital Life Syariah menyabet penghargaan tersebut berkat raihan predikat kinerja “Sangat Bagus” pada Rating 98 Institusi Keuangan Syariah versi Infobank 2022 yang dirilis oleh Biro Riset Infobank (birI). Capital Life Syariah menjadi salah satu dari dua entitas di kelompok perusahaan asuransi jiwa syariah atau full fledge yang meraih predikat Sangat Bagus pada rating tersebut.

Total ada 100 lembaga keuangan syariah berpredikat “Sangat Bagus” yang mendapatkan apresiasi dari Infobank. Mereka terdiri atas bank umum syariah (BUS), unit usaha syariah (UUS) bank, bank perkreditan rakyat syariah (BPRS), perusahaan asuransi syariah, dan perusahaan penjaminan.

Biro Riset Infobank (birI) melakukan penilaian kinerja terhadap tiga hal utama, yakni rasio keuangan penting, pertumbuhan, dan tata kelola perusahaan selama periode kinerja 2020 – 2021. Penilaian GCG dan manajemen risiko melengkapi pendekatan yang selama ini dipakai Biro Riset Infobank dalam mengukur kinerja keuangan institusi keuangan syariah, yaitu pendekatan rasio keuangan penting dan pertumbuhan.

Biro Riset Infobank kemudian menerapkan lima langkah besar untuk menentukan rating dengan predikatnya hingga peringkat. Satu, menentukan formula rating yang didasarkan pada perkembangan institusi keuangan syariah dan kebijakan regulator serta pencapaian secara industri. Kedua, mengumpulkan laporan keuangan institusi keuangan syariah yang terdiri atas neraca dan rugi laba selama dua tahun beserta laporan GCG dan profil risikonya.

Ketiga, memasukkan skor GCG dan profil risiko serta mengolah angka-angka dengan berbagai rasio dan pertumbuhan yang sudah ditetapkan untuk dikaitkan dengan pembobotan. Keempat, memberikan notasi akhir untuk menentukan predikat. Dan kelima, memasukkan bank syariah, bank perkreditan rakyat syariah (BPRS), perusahaan asuransi syariah, serta perusahaan penjaminan syariah berdasarkan ukurannya seperti yang sudah ditentukan.

Untuk raihan total skor, Capital Life Syariah meraih total skor 87,23% di rating kali ini. Di sisi likuiditas, perusahaan asuransi yang dipimpin Fitri Hartati sebagai direktur utamanya, juga sukses mencatatkan angka tertinggi di antara perusahaan asuransi jiwa syariah lainnya, yaitu sebesar 803,88%. Ini berarti perusahaan asuransi jiwa syariah satu ini menjadi yang terbaik dalam menjalankan operasionalnya sehari-hari tanpa harus mencairkan investasi.

Dana tabarru yang dihasilkan dari kontribusi neto yang dimilikinya turut pula menjadi yang tertinggi, dapat dilihat melalui rasio surplus (defisit) dana tabarru/pendapatan kontribusinya yang berada di level 46,79%. Tak cukup sampai di situ, pertumbuhan kontribusi bruto Capital Life Syariah adalah yang tertinggi, yakni sebesar 82,69% secara tahunan atau menjadi Rp166,19 miliar sepanjang 2021. Sedangkan jumlah investasinya meningkat 28,76% ke Rp3,66 triliun.

Laba dan total asetnya juga meningkat, masing-masing 2,63% dan 30,55% atau menjadi Rp22,11 miliar dan Rp3,99 triliun.

Penulis: Steven Widjaja

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Insurance

Most Popular