Buruan! Ada 10.000 Tiket, Ini Cara Mudik Gratis Bareng PLN

Jakarta — Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, PLN bersama Kementerian BUMN menggelar mudik gratis. Ada 10 ribu kursi yang disiapkan. Bagaimana cara mendaftarnya?

Pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. Dibuka untuk dua tahap. Tahap I dari tanggal 29-31 Maret 2023 dan tahap II dari tanggal 5-7 April 2023.

Tidak hanya dari Jabodetabek, keberangkatan mudik bersama juga dilakukan dari Bandung, Surabaya, dan Bali.

202030516 – Infobank Award 2023

Khusus Jabodetabek, tanggal keberangkatan 18 April 2023, dengan tujuan kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bandar Lampung, dan Palembang.

Berikut mekanisme pendaftaran peserta: Satu, peserta belum pernah mendaftar program mudik gratis di Kementerian BUMN atau instansi manapun.

Dua, pendaftaran dilakukan melalui PLN Mobile. Peserta wajib mengisi data diri sesuai dokumen yang dilampirkan yaitu KTP (untuk individu) dan KK (untuk keluarga) satu KK maksimal 4 orang.

Tiga, setiap peserta harus mentransfer uang jaminan sebesar Rp 100.000/orang. Uang tersebut akan dikembalikan menjelang keberangkatan. Namun, uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan keberangkatan.

Empat, pemudik balita terhitung 1 kursi dan wajib melampirkan akta kelahiran. Lima, tahapan pendaftaran akan ditutup ketika kuota telah terpenuhi.

Jika kuota terpenuhi maka pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu dan akan diumumkan sebelum batas waktu yang ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia di nomor 081389112628 (khusus WA).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, untuk mudik gratis kali ini PLN menyediakan 10.000 kuota peserta. Jumlah tersebut diharapkan mampu membantu pelanggan PLN di sekitar Jabodetabek dan beberapa kota besar yang ingin melakukan mudik.

“Ini agenda tahunan PLN. Wujud kepedulian kami untuk pelanggan PLN yang ingin mudik dan berkumpul dengan keluarga merayakan hari raya bersama,” ujar Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dalam rilis yang diterima AsianPost.ID.

Darmawan berharap, mudik bersama ini akan mengalihkan pengguna kendaraan pribadi khususnya sepeda motor ke kendaraan umum yang memenuhi standar keselamatan. Selain itu, dengan berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi juga akan mengurangi emisi.

“Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, program mudik gratis ini bertujuan untuk menyediakan moda transportasi umum yang aman. Sehingga risiko kemacetan dan kecelakaan saat mudik bisa berkurang,” tutup Darmawan. DW

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.

English EN Indonesian ID