Connect with us

BRINS: Asuransi Mikro Sangat Penting bagi Kelanjutan UMKM

Business

BRINS: Asuransi Mikro Sangat Penting bagi Kelanjutan UMKM

Jakarta – Direktur Utama BRI Insurance (BRINS) Fankar Umran mengatakan, saat ini peran perusahaan asuransi umum sangat penting bagi sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya dalam menyediakan layanan asuransi mikro.

“Asuransi adalah bagian dari ekosistem UMKM. Asuransi berperan penting dalam sustainability UMKM,” ujarnya dalma acara Infobank yang bertajuk Unlocking The Power of SME’s ‘Membangun Ekosistem dan Akses Keuangan bagi UMKM’, di Jakarta, 6 Mei 2021. 

Menurut Fankar, proteksi yang diberikan ialah berupa transfer risiko dari UMKM kepada perusahaan asuransi. Jika risiko-risiko yang tidak diinginkan menimpa UMKM, perusahaan asuransi bisa membantu pembulihan.

Namun begitu, dalam menyediakan proteksi mikro tentu bukan hal yang mudah bagi perusahaan asuransi. Ada beberapa kendala seperti demand atau permintaan dari sisi nasabahnya kurang karena literasinya yang juga masih rendah. Kemudian, daya beli UMKM untuk membeli produk asuransi mikro masih rendah.

“Kita juga dapat mengatakan aksesbibilitasnya masih kurang dan terbatas. Dan yang terakhir, situasinya sekarang sudah new normal,” (*) Bagus Kasanjanu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Business

To Top