BRI Sasar Kredit Tambak Udang Terbesar di Kebumen

Jakarta— Direkur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Sunarso menyatakan kesiapannya untuk membiayai program Shrimp Estate atau tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Kebumen.

Tambak udang modern ini merupakan program yang dikembangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan menggandeng masyarakat sekitar.

Sebelumnya, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono menargetkan dapat memproduksi 2 juta ton udang di 2024 dari proyek budidaya yang tengah berjalan tersebut.

- Advertisement -

- Advertisement -

“Kami juga selalu gercep dengan berbagai program yang dibuat oleh Pak Menteri [Sakti Wahyu Trenggono], di antaranya estate tambak dengan potensi lahan 100 hektare di Kebumen. Jadi katanya ya. Sudah mau dikunjungi pak presiden katanya. Dan insyaAllah kita siap untuk tindak lanjutnya,” kata Sunarso dalam UMKM Thrieve, Senin (6/4/2023).

BUBK modern tersebut berada di pesisir pantai Kebumen yang terhampar pada lahan seluas 100 hektare. Sejak beroprasi pada Februari 2023, shrimp estate ini menjadi tambak terluas dan diklaim ramah lingkungan serta berstandar internasional.

Proyek tersebut menjadi salah satu andalan KKP sehingga dijadikan program percontohan oleh provinsi lain.

Tidak heran, keberadaan tambak udang di Kebumen tersebut nantinya dapat mendongkrak ekonomi masyarakat setempat dan menghasilkan nilai ekonomi pangan yang tinggi.

“Maka dengan begitu sekali lagi BRI merupakan partner yang pas bagi Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk mengembangkan UMKM sesuai tema kita hari ini,” sambung Sunarso. (*) RAL

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.

English EN Indonesian ID