Connect with us

BCA Bikin Platform Belanja Online, Wow Banyak Diskonnya!

Business

BCA Bikin Platform Belanja Online, Wow Banyak Diskonnya!

Jakarta – PT Bank Central Asia (BCA) Tbk membuat gebrakan untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di masa pandemi. Melalui event BCA UMKM Fest yang akan digelar 16 April 2021 hingga 8 Mei 2021, BCA akan menghadirkan platform belanja online yang akan memasarkan produk-produk UMKM.

Akan ada 1.500 pelaku UMKM yang akan on boarding, dengan 17.000 lebih produk yang akan dijual. Bayarnya pakai kartu dan online payment BCA. Delivery dilakukan seperti e-commerce, seperti belanja di platform e-commerce, ujar Jahja Setiaatmadja, Direktur Utama BCA, dalam jumpa pers BCA UMKM Fest secara daring, Kamis, 15 April 2021.

Program BCA UMKM Fest berangkat dari keprihatinan BCA melihat terjadinya stagnasi ekonomi dan kredit akibat pandemi Covid-19. BCA, misalnya. Kredit kepemilikan rumah (KPR) dan kredit kepemilkan kendaraan bermotor (KKB) mengalami penurunan pada tahun 2020.

“Biasanya, setiap bulan bisa dapat nasabah baru KKB dan KPR hingga Rp2,5 triliun. Saat Covid, KKB hanya Rp90 miliar, dan KPR hanya Rp800 juta hingga Rp1 triliun, kurang dari separuh,” ungkap Jahja.

Melihat hal itu, BCA bekerja sama dengan 60 developer, mengundang nasabah. Alhasil, terjadi kenaikan Rp1,5 triliun hingga Rp1,6 triliun. Saat ultah BCA bahkan dapat aplikasi KPR sekitar Rp14,8 triliun sebulan, dan KKB sekitar Rp4,8 triliun.

“Ini sadarkan kita bahwa sebetulnya ada kemampuan dan daya beli. Hanya bagaimana mobilitas masyarakat digantikan sarana virtual. Sebab, selama pandemi mobilitas kurang. Berkaca dari itu, maka kita minta UMKM mencoba diupayakan suatu platform virtual,” papar Jahja.

Menurut Direktur BCA Santoso Liem, banyak UMKM yang memiliki produk unggulan yang bisa diekspor ke luar negeri. Event ini untuk mengkurasi dan mendorong mereka serta mempertemukan dengan bank koresponden, kemudian melalui Menteri Perdagangan dan Menteri Luar Negeri untuk mempertemukan mereka dengan buyer.

“Kita angkat mereka untuk ketemu ekspert-nya, supaya produk mereka dikenal. Kita start akhir Februari 2021. Selama Maret April kita berhasil siapkan. Ada lebih dari 2.000 UMKM yang bisa hadir dalam platform UMKM Fest ini,” ujar Santoso Liem.

Freddy Iman, selaku Ketua Panitia BCA UMKM Fest, mengatakan, atas dorongan dari berbagai pihak, saat ini sudah ada 80 saler di BCA UMKM Fest yang siap untuk ekspor, serta ada 28 calon pembeli dari luar negeri yang sudah melakukan konfirmasi. Ada dari India, Perancis, Brasil, Amerika Serikat, dan lain-lain. Yang terbanyak food and beverage, kayu dan furniture, barang seni, dan sebagainya.

Freddy berharap, melalui event yang merupakan embrio kecintaan terhadap produk anak bangsa, UMKM bisa memiliki literasi dan kemapuan bedagang, dan mendapat berbagai solusi perbankan untuk mendapatkan ruang baru dalam memasarkan produk-produk mereka.

“Bagi para pengunjung dan nasabah BCA, di platform belanja online BCA ini juga akan ada banyak diskon. Silakan berkunjung,” ujar Freddy.

Rencanannya, platform belanja online BCA akan dibuka besok, Jumat, 16 April 2021, dengan sambutan enam menteri, yakni Menko Perekonomian Erlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani, Menlu Retno Marsudi, Menkop UKM Teten Masduki, Mendag M Lutfi, dan Menparekraf Sandi Uno. (Darto Wiryosukarto)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Business

To Top