Connect with us

Bank Kalteng Sabet Predikat Sangat Bagus di Infobank Top BUMD Awards 2021

Economy

Bank Kalteng Sabet Predikat Sangat Bagus di Infobank Top BUMD Awards 2021

Jakarta – PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah (Bank Kalteng) meraih penghargaan Infobank Top BUMD Awards 2021 atas kinerjanya yang positif di tahun 2020. Penghargaan diberikan oleh Majalah Infobank dan The Asian Post pada ajang High Level Forum & Awarding Ceremony di Financial Hall, Jakarta, Rabu, 31 Maret 2021.

Pada survei tahun ini Kalteng mendapatkan predikat “The Best” dalan “Rating BUMD Keuangan Versi Infobank 2021”. Bank Kalteng memimpin tujuh bank lain di kelompok aset Rp10 triliun sampai dengan di bawah Rp25 triliun dengan total skor 95,82 persen.

“Ini membuktikan bahwa arah kebijakan yang diambil manajemen sudah tepat dan on the track. Ini juga menjawab kepercayaan PSP, pemegang saham yang lain serta masyarakat Kalteng,” ujar Direktur Utama Bank Kalteng Yayah Diasmono melalui pesan singkat, 31 Maret 2020.

Penghargaan Infobank Top BUMD Awards 2021 diberikan atas dasar kajian Biro Riset Infobank bertajuk Rating BUMD 2020 atas kinerja keuangan BUMD tahun 2020. Untuk BUMD berbentuk BPD, laporan keuangannya menggunakan data hingga periode Desember 2020. Sementara, BUMD berbentuk BPR/BPRS menggunakan laporan keuangan per September 2020 atau triwulan ketiga.

Total ada 60 BUMD yang berhak meraih pengarhagaan tersebut, terdiri atas 22 bank pembangunan daerah (BPD), 32 bank perkreditan rakyat (BPR) milik pemerintah daerah (pemda), dan 6 bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) milik pemda.

“Peran BUMD sebagai lembaga keuangan penggerak perekonomian di daerah sudah seharusnya didukung oleh shareholders dan seluruh stakeholders agar semakin baik kinerjanya, terlebih dalam masa pemulihan ekonomi nasional seperti sekarang ini,” ujar Eko B. Supriyanto, Direktur Biro Riset Infobank, dalam kata sambutannya.

Penghargaan yang diterima oleh bank-bank milik pemerintah daerah ini membuktikan bahwa kinerja industri BPD, BPR, dan BPRS masih tumbuh positif di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi. Bahkan, Biro Riset Infobank mencatat pertumbuhan kinerja lembaga perbankan daerah ini lebih tinggi dibanding kinerja industri perbankan nasional pada beberapa pos keuangan. (*) Dicky F. Maulana

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Economy

To Top