Torehkan Kinerja Ciamik di 2022, BSI Peroleh Penghargaan LJK Syariah Terbaik dari Infobank

Jakarta— PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI mendapatkan apresiasi pada ajang “Infobank – The Asian Post: The Best Financial Performance Sharia Guarantor Company 2023” yang diselenggarakan di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, pada Rabu, (27/9/2023).

Di ajang tersebut, Asurasni Askrida Syariah mendapatkan tiga penghargaan sekaligus sebagai “Excellence Financial Performance Soe’s Subsidiary in 2022”, “Best Of The Best Financial Performance Islamic Commercial Banking in 2022”, dan “Excellence Financial Performance Islamic Commercial Banking in 2022 KBMI 3”.

Tiga prestasi yang dicetak BSI tersebut berpijak pada keberhasilan perusahaan mencatatkan kinerja positif sepanjang 2022. Di tahun yang penuh tantangan itu, BSI membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 41% atau mencapai hampir Rp4,26 triliun.

Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata perbankan nasional dan berhasil di raih bertepatan dengan umur perusahaan yang memasuki usia kedua tahun.

Kinerja BSI ditutup di 2022 dengan angka impresif dengan pertumbuhan aset sebesar 15,24% atau mencapai hampir Rp360 triliun, dana pihak ketiga/DPK tumbuh 12% di Desember Rp261,41 triliun, kualitas pembiayaan sebesar 2,24%, dan penyaluran pembiayaan mengalami pertumbuhan 21,26%.

Kinerja positif lainnya tercatat di bisnis wealth management BSI, di mana Fund Under Management (FUM) mengalami pertumbuhan sebesar 18,9% menjadi hampir Rp 61 triliun dengan total nasabah prioritas mencapai 54.300 atau tumbuh sekitar 25,8%.

Pertumbuhan tersebut didukung dengan penambahan produk dan layanan bagi nasabah, seperti layanan konsultan pajak. Jadi nasabah prioritas dapat layanan konsultasi pajak gratis.

BSI prioritas menawarkan layanan wealth management yang memberikan pengalaman berbeda dengan wealth management perbankan konvensional.

Kemudian BSI juga mencatat peningkatan pengguna BSI Mobile pada 2022 sekitar 39% atau sebanyak 4,81 juta pengguna.

Hal ini menjadi bukti keberhasilan BSI dalam mendorong seluruh nasabah mengunakan layanan digital untuk melakukan aktivitas keuangan. Sementara, hanya 3% nasabah BSI yang sejauh ini masih memanfaatkan layanan fisik dengan datang ke kantor cabang.

Eko mengapresiasi kinerja 116 institusi keuangan syariah yang berhasil meraih predikat kinerja “Sangat Bagus” dalam Rating Institusi Keuangan Syariah Versi Infobank 2023.

“Meski kompetisi semakin kencang dengan hadirnya fintech syariah, mereka masih menunjukkan kinerja terbaiknya,” ujar Eko.

Sebagai salah satu perusahaan media, Infobank Media Group berkeinginan untuk mendorong pertumbuhan insitusi keuangan syariah, baik di segi pricing yang kompetitif, layanan terdepan, dan IT yang lebih bagus, seperti halnya di bank konvensional.

“Bagaimana pun juga kami berharap pertumbuhan syarah itu seusai dengan apa yang dimaui oleh market. kami tidak ingin pertumbuhan syariah hanya berdasarkan keinginan politik. Kami berharap syariah itu harus sama bagusnya dengan bank konvensional, baik dari sisi pricing dan juga IT,” paparnya.

Acara “Sustainable SOE & Islamic Business Forum 2023” yang juga disiarkan langsung di YouTube channel InfobankTV ini terselenggara berkat dukungan para sponsor, antara lain Bank Syariah Indonesia (BSI), Bumida Syariah, Bank Mandiri, Bank Sumselbabel Syariah, Permodalan Nasional Madani (PNM), Askrida Syariah, Bank Kalsel Syariah.

Kemudian Pengadaian Syariah, Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Zurich Syariah, BPR Syariah HIK Parahyangan, Jasa Raharja, Tugu Insurance, Bank Nagari Syariah, Bank Danamon, Perkebunan Nusantara, BNI Life, CIMB Niaga Syariah, Manulife, Bank DKI Syariah, Sarana Multigriya Finansial (SMF), Sinarmas MSIG Life, Bank Kalbar, BCA Syaiah, Asuransi JMA Syariah, BTPN Syariah, BPRS Botani, Dahana, dan Bank BPD DIY Syariah. (*) RAL

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.