Bukan Kaleng-kaleng, Ini Sederet Penghargaan yang Diraih BSI Setelah Fokus di Layanan dan Keamanan Digital

Jakarta— Krisis keamanan menjadi isu prioritas di tengah gempuran digitalisasi di sektor jasa keuangan. Sebab, tidak sedikit serangan siber yang menanti di depan mata, di mana pun dan bisa menyasar ke berbagai pihak.

Oleh sebab itu, perbankan harus bisa memposisikan diri untuk menjaga kepercayaan nasabah sekaligus menawarkan kemudahan melalui inovasi-inovasi teranyarnya.

Di saat bersamaan, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) semakin memperkuat kemanaan IT-nya pada tahun ini. Korporasi mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) dua kali lebih besar dibandingkan tahun 2022, yakni mencapai Rp580 miliar. Anggaran itu akan digunakan untuk memperkuat digitalisasi dan keamanan dat sebagai langkah preventif penguatan sistem keamanan TI terhadap potensi gangguan data dengan peningkatan proteksi dan ketahanan sistem.

Peningkatan di segi layanan digital itu menjadikan BSI sebagai perbankan dengan layanan terbaik versi Majalah Infobank dan MRI. Di bawah kendali Hery Gunardi sebagai direktur utama, BSI memboyong penghargaan di ajang bergengsi “20th Infobank-MRI Banking Service Excellent Recognition 2023” yang diadakan di Shangri-La Hotel Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Di ajang tersebut, Infobank Media Group dan MRI menyematkan sederet penghargaan kepada BSI, yang diterima langsung oleh Direktur Sales & Distribution Anton Sukarna. Tercatat, penghrgaan yang diberikan itu yakni The 1st Best In Service Excellence, The 1st Best Convenient Branch Experience, The 1st Best Opening Account via Mobile Application/Mobile Browser, The 1st Best – Call Center, dan The 1st Best Chatbot.

Kemudian, BSI juga mendapat penghargaan di kategori The 1st Best Social Media, The 1st Best Live Chat, The 1st Best Email Service, The 1st Best Mobile Banking, The 1st Best, Internet Banking, The 2nd Best Walk-In Channel, The 2nd Best Customer Service, dan The 2nd Best Website.

Bagi BSI, kepentingan nasabah merupakan hal yang paling utama. Pihaknya terus memastikan agar perlindungan konsumen, dalam hal ini perlindungan terhadap data dan dana nasabah, terus terjaga.

BSI berkomitmen terus memperkuat pertahanan dan keamanan siber perbankan. BSI juga senantiasa mengimbau nasabah agar tetap waspada dan berhati-hati atas segala bentuk modus penipuan yang mengatasnamakan Bank Syariah Indonesia.

Pemberian penghargaan didasarkan pada hasil survei yang dilakukan Marketing Research Indonesia sejak akhir 2022 hingga Maret 2023 atas kemampuan sejumlah bank dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah.

Survei bertajuk “Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2023” itu untuk mengukur kualitas layanan di mata nasabahnya, baik nasabah yang datang ke kantor cabang secara tatap muka, maupun nasabah yang memanfaatkan layanan digital banking.

Sementara itu, pengukuran customer experience nasabah dilakukan dengan menggunakan metode mystery shopping. Dengan metode ini, MRI mengukur operational efficiency dan proses layanan yang berlangsung melalui pengalaman nasabah dengan mengirimkan sejumlah shopper yang bertindak sebagai pelanggan sesungguhnya.

Pemberian penghargaan BSEA 2023 merupakan bentuk penghargaan kepada bank-bank yang berhasil melakukan peningkatan layanan dengan inovasi teknologi digital.

“Semangat bank untuk memanfaatkan teknologi digital tetap harus dibarengi dengan peningkatan security system tanpa mengabaikan fokus pada customer centric,” ujar Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group. (*) RAL

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.