Kerja Keras Berbuah Manis, AXA Mandiri Bawa Pulang Penghargaan dari Infobank
Jakarta— Infobank Media Group menyematkan penghargaan kepada PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) di ajang Insurance Awards 2023, di Hotel Kempinski Jakarta, Kamis (27/7/2023).
Penghargan ini merupakan bentuk apresiasi kepada AXA Mandiri yang telah bekerja keras dan menunjukkan hasil cemerlang dalam pencapaian kinerja. Di bawah tangan dingin Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma, perusahaan yang dinahkodainya mendapatkan penghargaan The Best Performance Life Insurance Company 2023 di kategori Gross Premium lebih dari Rp5 triliun.
AXA Mandiri menunjukkan konsistensinya dalam berinovasi dan memberikan nilai lebih berupa perlindungan kepada nasabah. PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) mencatat kinerja yang positif sepanjang tahun 2022. Dari segi kinerja keuangan, AXA Mandiri berhasil mencapai pertumbuhan laba bersih sebesar 13% menjadi Rp1,17 triliun pada tahun 2022, dibandingkan dengan jumlah sebesar Rp1,03 triliun pada tahun 2021.
Infobank melihat, AXA Mandiri telah berhasil menorehkan kinerja yang luar biasa. Tercatat, premi bersih perusahaan pada 2022 sudah mencapai Rp12,09 triliun. Sepanjang tahun lalu AXA Mandiri telah membayarkan klaim dan manfaat asuransi sebesar Rp11,97 triliun.
Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 32% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 9,05 triliun. Korporasi ini juga berhasil mencatatkan pertumbuhan nilai investasi yang positif sebesar 25%, yaitu dari Rp 1,22 triliun menjadi Rp1,53 triliun di tahun lalu.
Pencapaian kinerja positif tahun lalu merupakan hasil dari adaptasi transformasi digital serta inovasi dalam produk dan layanan yang sesuai dengan perkembangan dunia saat ini.
Inovasi yang baik dalam produk dan layanan menjadi faktor utama dalam mendukung pertumbuhan ini. Selain itu, hasil positif ini juga didorong oleh inisiatif perusahaan dalam memasarkan solusi proteksi seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, perencanaan keuangan jangka panjang, dan asuransi mikro.
Keberhasilan ini juga didukung oleh kolaborasi antara para pemangku kepentingan dalam menjalankan bisnis yang sehat dan berkelanjutan, dengan memastikan bahwa segala dampak dari kegiatan operasional perusahaan memberikan nilai positif kepada semua pihak.
Untuk diketahui, penilaian kinerja perusahaan asuransi yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank ini dilakukan dalam 5 tahapan besar untuk menentukan predikat “sangat bagus”. Tahapan tersebut meliputi penentuan formula rating berdasarkan perkembangan industri asuransi, pencarian sumber data, pemberian skor/nilai dari hasil pengolahan angka-angka dari berbagai rasio pertumbuhan, dan pemberian predikat.
Biro Riset Infobank kemudian mengelompokkan perusahaan asuransi berdasarkan pendekatan premi bruto. Pengelompokan perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya menggunakan standar deviasi, sehingga diperoleh pengelompokkan yang adil melalui pendekatan pemerataan.
Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto mengungkapkan, di tengah banyaknya perusahaan asuransi yang bermasalah, masih banyak yang berhasil meencatatkan kinerja terbaiknya. Setidaknya, 50% dari 118 perusahaan asuransi berhasil meraih predikat kinerja “Sangat Bagus” atau predikat tertinggi dalam rating Infobank.
“Ada beberapa perusahaan asuransi yang bangkrut, seperti Jiwasraya, Wanartha Life, dan Kresna Life. Asuransi Bumiputera juga tengah berjuang untuk segar kembali. Bahkan, menurut OJK, ada 13 perusahaan asuransi yang tidak baik-baik saja,” ujar Eko B Supriyanto.
Menurut Eko, berdasarkan pengalaman, perusahaan asuransi yang menemui ajal lebih dikarenakan urusan moral hazard, meski secara produk juga sudah bermasalah sejak awal.
“Untuk, kami mengucapkan selamat dan sukses kepada para direksi dan komisaris dari 59 asuransi yang berhasil meraih penghargaan Infobank Insurance Award 2023,” sambungnya.
Capaian ini, lanjut Eko, menunjukkan keberhasilan pengelola dalam menjaga kepercayaan pemegang polis dengan memberikan layanan terbaik, menghadirkan produk-produk asuransi yang berkualitas, dan tetap menjaga integritas. (*) RAL