Connect with us

Srikandi LPS Boyong Infobank Top 100 Women 2022

Peoples

Srikandi LPS Boyong Infobank Top 100 Women 2022

Jakarta – Nama Lana Soelistianingsih disebut saat acara penyerahan penghargaan Infobank Top 100 Most Outstanding Women 2022, yang diadakan di Hotel Alila Solo, Jumat, 20 Mei 2022. Lana adalah Anggota Dewan Komisioner merangkap Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dirinya dianggap memiliki kontribusi besar bagi industri jasa keuangan selama karir profesionalnya.

Lana Soelistianingsih resmi diangkat Presiden Joko Widodo sebagai Anggota Dewan Komisioner merangkap Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada 20 Februari 2020. Tugas yang diembannya tidaklah mudah, mengingat masa-masa itu adalah masa kritis saat pandemi tengah bergejolak dan menghantam industri jasa keuangan cukup kencang. Namun, Lana mampu menjalankan peran dengan baik. LPS bersama anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang lain kemudian terus bersinergi untuk menjaga stabilitas industri keuangan.

Bagi Lana, integritas adalah hal vital yang harus dijaga. Di samping, ia juga mengedepankan kerjasama atau kolaborasi, bertanggung jawab, saling menghargai, dan selalu berinovasi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Wanita lulusan sarjana ekonomi Universitas Indonesia tahun 1990 ini juga memiliki passion yang besar bagi dunia pendidikan. Ia pernah bekerja sebagai asisten pengajar dan dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), dan memiliki cita-cita untuk mendirikan sekolah gratis.

Infobank Top 100 Most Outstanding Women 2022 sendiri adalah ajang penghargaan untuk para pemimpin wanita yang berkarya di industri jasa keuangan, mulai dari perbankan (bank umum dan BPR), asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, dan sekuritas, baik dari swasta maupun BUMN.

Dewan Redaksi Infobank menetapkan dua kriteria utama dalam menentukan ke-100 figur wanita itu, yakni basis kinerja perusahaan dan pertimbangan Dewan Redaksi Infobank.

Pada kriteria basis kinerja, yang pertama dinilai adalah ukuran perusahaan. Misalnya, untuk bank, dilihat besaran aset. Tokoh wanita yang masuk dalam Top 100 Most Outstanding Women 2022 diperingkat berdasarkan aset perusahaan, lalu diambil dari yang terbesar. Kemudian, dilihat lagi jabatan dari masing-masing tokoh, dengan prioritas direktur utama atau komisaris utama.

Dari sisi Dewan Redaksi Infobank, ada pertimbangan pencapaian atau prestasi tertentu dari tokoh wanita terpilih, seperti keberhasilan menciptakan values pada perusahaan, keberhasilan melakukan transformasi, dan berhasil melakukan atau menjadi bagian dari turn around pada perusahaan.

Kriteria lainnya adalah pengalaman, ketokohan, atau kontribusi dari tokoh wanita tersebut terhadap industrinya. Namun demikian, kriteria-kriteria itu tidak mutlak harus dimiliki seluruhnya oleh setiap tokoh wanita. Maka, memungkinkan bagi satu tokoh wanita di sebuah perusahaan masuk ke dalam jajaran Top 100 Most Outstanding Women, meski size perusahaannya tidak terlalu besar.

 

Penulis: Steven Widjaja

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Peoples

Most Popular

To Top