Connect with us

Selain Menghibur, Ini Manfaat Lain dari Menonton Film

Lifestyle

Selain Menghibur, Ini Manfaat Lain dari Menonton Film

THE ASIAN POST, JAKARTA – Selain mengasyikkan, jangan dikira kegiatan menonton film hanya untuk hiburan semata. Nyatanya, menonton film juga banyak manfaatnya.

Menonton film adalah aktivitas yang memberikan hiburan. Disamping memberikan hiburan, kegiatan ini berguna untuk melepas stress dan penat yang sedang menggerogoti semangat, serta masih banyak manfaat lainnya.

Berikut ini ada 6 manfaat positif film yang telah Asianpost rangkum untuk anda.

1. Menghilangkan Stres

Menonton film bisa digunakan sebagai sarana pengusir stres karena rutinitas yang dijalani sehari-hari. Entah itu menonton bersama teman, sanak saudara, atau pacar di bioskop atau sendiri di rumah. Apapun genre dan selama kita bisa menikmatinya, film dapat menjadi pengusir stres dan menyegarkan pikiran.

2. Belajar Hal Baru

Melalui film, banyak hal-hal baru yang dapat dipelajari. Film dapat menambah pengetahuan tentang budaya, mempelajari sejarah suatu negara, mengenal tokoh-tokoh penting, serta mempelajari bahasa dan budaya asing.

3. Memberikan Inspirasi dan Motivasi

Pendekatan ini sering kali dipakai untuk mengobati pasien yang memiliki gangguan depresi, gangguan mood dan sejenisnya. Film yang menyajikan visual, dialog serta musik pengiring dapat membantu seseorang yang sedang mengalami masalah psikis. Efek dari cinema therapy ini juga berdampak luar biasa jika dikombinasikan dengan alat terapi lain.

4. Baik untuk Kesehatan Otak

Bagi yang gemar menonton film ber-genre horor, ternyata punya manfaat positif untuk kesehatan otak. Dilansir dari hellosehat.com menonton film memungkinkan otak untuk melepas senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamat.

Selain itu, film ber-genre horor juga dapat melepas adrenalin yang punya efek anestesi dari obat. Hal ini baik untuk kesehatan mental, karena mampu menurunkan tingkat stres serta kesemasan.

5. Kesadaran Sosial

Banyak film yang menjadikan isu sosial sebagai ide ceritanya. Ada yang dikemas dengan cerita yang ringan, ada juga isu sosial yang dikemasi dengan lebih berat dan serius dalam sebuah film. Misalnya, ‘The Pursuit of Happyness’ yang mengangkata tema perjuangan hidup atau film ‘The Day After Tomorrow’ yang bercerita tentang perubahan iklim.

dengan menonton film bertema isu sosial, penonton bisa menjadi lebih peka dan menyadari isu-isu sosial di sekitarnya. Film juga dapat membantu menyampaikan pesan penting kepada masyarakat dengan cara yang menghibur dan menyenangkan.

6. Meningkatkan Imajinasi

Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world,” tutur Albert Einstein.

Imajinasi sangat penting untuk hidup kita, sebagaimana yang diungkapkan Albert Einstein. Menonton film dapat meningkatakan daya imajinasi, dan dengan imajinasi kita dapat berpikir lebih kreatif sehingga dapat dijadikan inspirasi dalam berkarya.

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Lifestyle

Most Popular

To Top