Connect with us

DKI Siapkan Dua Bendungan Penahan Banjir Kiriman

Dianggap Tak Becus Kelola Sampah, Gubernur Anies "Serang" Balik
(Foto: istimewa)

Regional

DKI Siapkan Dua Bendungan Penahan Banjir Kiriman

THE ASIAN POST, JAKARTA ― Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, saat ini mereka sedang membangun dua bendungan di hulu untuk menahan air ke Jakarta, agar tidak melimpah tanpa terkendali.

“Di hulu ada dua bendungan yang sekarang dibangun, Insya Allah bendungan selesai tahun ini. Kalau bendungan itu selesai tahun ini maka bila terjadi hujan deras di daerah Ciawi, Bogor, airnya bisa dikendalikan,” kata dia, di Gedung Teknis Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (26/4).

BNPD DKI Jakarta, Kamis (25/4) malam menginformasikan, ada 17 titik lokasi banjir setelah sebelumnya Bendung Katulampa, Bogor, berstatus siaga I dengan ketinggian 220 sentimeter dan Pintu Air Depok berstatus siaga I (360 sentimeter).

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD DKI dari Pusat data dan informasi kebencanaan di Jakarta, Jumat, titik lokasi banjir meliputi wilayah Jakarta Selatan (RW 07 Kelurahan Lenteng Agung, RW 01 Kelurahan Srengseng Sawah, RW 01 Kelurahan Pengadegan, RW 07 Kelurahan Rawajati, RW 05, 06, 07, 08 Kelurahan Pejaten Timur, dengan ketinggian banjir sekitar 20 cm hingga 170 cm).

Sementara wilayah Jakarta Timur mencakup RW 02, 05, 08 Kelurahan Cawang, RW 05 Kelurahan Balekambang, RW 04, 05, 08 Kelurahan Kampung Melayu, RW 07, 11 Kelurahan Bidara Cina dengan ketinggian banjir mencapai 20 cm hingga 100 cm.

Menurut Anies, dengan ada tambahan dua bendungan yang ditargetkan selesai pada Desember nanti itu, air yang datang dari arah Bogor bisa ditahan dan dikendalikan.

Saat ini, kata Anies, sebagaimana dikabarkan Antara, karena bendungan belum selesai maka air dari Bogor masih begitu saja datang yang pada titik yang biasanya kena limpahan air itu.

“Padahal Jakarta (dilanda) hujan, tapi tidak ada hujan yang luar biasa. Ini adalah contoh situasi banjir karena kiriman dari selatan,” kata dia. []

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Regional

Most Popular