UMKM Furnitur Asal Klaten Tembus Ekspor Berkat BNI Xpora
Jakarta— PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendorong UMKM agar mampu menembus pasar global lewat BNI Xpora.
Direktur Commercial Banking BNI Muhammad Iqbal menyampaikan bahwa BNI Xpora tidak hanya memberi pembiayaan, tetapi juga mendampingi UMKM lewat konsultasi bisnis dan business event.
Dukungan pada UMKM ini sejalan dengan Asta Cita Presiden, khususnya dalam menciptakan lapangan kerja berkualitas, mendorong kewirausahaan, sertapemberantasan kemiskinan.
“Sepanjang 2025, perhatian utama kami adalah memberikan layanan konsultasi bisnis dan menghadirkan business event yang membuka ruang lebih besar bagi UMKM untuk meningkatkan daya saing serta merasakan dampak bisnis secara nyata,” ujar Iqbal dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (8/9).
Salah satu kisah sukses yang lahir dari pendampingan perseroan melalui program BNI Xpora adalah CV Ganesha Home, produsen furnitur asal Klaten, Jawa Tengah, yang kini rutin mengirimkan produk hingga delapan kontainer per bulan ke mancanegara.
Direktur CV Ganesha Home Awwalin Nurrieza Winata atau akrab disapa Icha, menuturkan bahwa meskipun perusahaan baru berdiri resmi pada 2022, bisnis ini sesungguhnya telah berakar sejak 1998 sebagai usaha keluarga yang berorientasi ekspor.
“Pembeli kami terutama adalah pedagang segmen grosir, pedagang retail, jaringan toko, dan lainnya,” jelasnya.
Produk unggulan Ganesha Home mencakup furnitur rumah tangga, dekorasi interior, hingga kerajinan tangan.
Tidak hanya fungsional, perusahaan ini juga memproduksi berbagai aksesori hiasan rumah, seperti lampu, vas, keranjang, hingga peralatan dapur.
Keunggulan produk terletak pada fleksibilitas penggunaannya, baik di dalam maupun luar ruangan.
Icha menambahkan bahwa Ganesha Home mengandalkan bahan baku alami berupa kayu mangga, sungkai, mindi, hingga rotan.
“Bahan-bahan alami kayu dan rotan menjadi aset utama kita yang tidak dipunyai oleh negara lain, yang umumnya mengandalkan kayu lapis dan plastik,” ujarnya.
Dengan keunggulan tersebut, produk Ganesha Home kini telah menembus pasar ekspor ke Australia, Chile, Jepang, Prancis, Yunani, Namibia, Amerika Serikat, hingga Uruguay.
Rata-rata kapasitas ekspor mencapai delapan kontainer per bulan, dengan nilai per kontainer hingga US$20.000.
Artinya, potensi ekspor Ganesha Home dapat menyentuh US$160.000–US$200.000 per bulan.
Untuk memperluas pasar, Ganesha Home aktif mengikuti berbagai pameran dan business matching, baik di level nasional maupun internasional.
Dalam hal ini, BNI memiliki peran penting melalui program BNI Xpora, yang tidak hanya mempertemukan pelaku UMKM dengan calon pembeli, tetapi juga memperluas ekspansi lewat portal digital.
“Terbaru, kami baru saja lolos kurasi untuk berpartisipasi dalam pameran di Mumbai, India. Terima kasih untuk BNI yang telah mendukung kami. Harapannya pameran di kancah nasional dan internasional dapat bertambah, sehingga kita bisa memaksimalkan mutu dan kapasitas,” kata Icha.
Langkah BNI dalam mendampingi UMKM seperti Ganesha Home menjadi bukti nyata komitmen perseroan untuk memperkuat daya saing produk lokal di kancah global, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. (*)