Premi Tumbuh 39,74 Persen, Asuransi Tri Pakarta Sabet Penghargaan dari Infobank
Jakarta— PT Asuransi Tri Pakarta (TRIPA) sukses membawa pulang dua penghargaan di ajang Infobank Insurance Award 2023 dari Infobank Media Group yang diselenggarakan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Kamis, (27/7/2023).
Emiten yang dinahkodai G.C. Koen Yulianto ini berhasil membawa pulang dua penghargaan sekaligus, yaitu Golden Trophy The Best Performance in 5 Consecutive Years General Insurance Company, dan The Best Performance General Insurance Company di kategori Gross Premium Rp1 triliun hingga kurang dari Rp2,5 triliun.
TRIPA naik kelas sebagai perusahaan asuransi umum berpremi bruto Rp1 triliun s.d kurang dari Rp2,5 triliun dalam rating asuransi 2023 versi Infobank. TRIPA berhasil naik kelas ke peringkat 4 dari 14 perusahaan.
Berdasarkan rating 118 Asuransi Versi Infobank 2023 untuk Asuransi Umum yang diolah Biro Riset Infobank (biri), pendapatan premi bruto TRIPA tercatat mencapai Rp1,06 triliun atau tumbuh 39,74% pada 2022 di atas rata-rata pertumbuhan industri yang sebesar 16,87%.
Kemudian, untuk pencapaian aset TRIPA tercatat Rp2,80 triliun atau naik 20,03%, diikuti peningkatan investasi asuransi sebesar 23,44% menjadi Rp1,10 triliun dengan hasil investasi yang juga tumbuh 4,50% menjadi Rp40,22 miliar.
Berdasarkan hal itu, Asuransi TRIPA berhasil memperoleh raihan laba bersih di sepanjang 2022 menjadi sebesar Rp84,99 miliar atau mengalami pertumbuhan sebanyak 38,46%, serta memperoleh peringkat “sangat bagus”.
Di sisi lain, TRIPA juga mengalami peningkatan pada gross premium written (GPW) sebesar 31,76% hingga mencapai Rp1,23 triliun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat Rp993,81 miliar.
Adapun, performa ataupun kinerja TRIPA yang lebih baik tersebut telah dipaparkan melalui rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) yang digelar pada 13 Maret 2023 yang lalu dan dihadiri oleh jajaran dewan komisaris dan direksi.
Sehinggga, dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama TRIPA, G.C. Koen Yulianto, mengatakan bahwa, melalui pencapaian itu telah menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang terbaik.
“Berberkal dukungan penuh dari seluruh pihak, PT Asuransi Tri Pakarta berkomitmen untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan asuransi terkemuka dan terpercaya yang unggul dalam kinerja, sumber daya, dan layanan,” ucap Koen dalam keterangan resminya.
Ia menjelaskan, pencapaian tersebut tidak terlepas dari kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh nasabah, mitra bisnis, dan para stakeholder, serta kerja keras dan dedikasi seluruh pegawai TRIPA.
Untuk diketahui, penghargaan yang diberikan itu didasarkan pada rating 118 perusahaan asuransi yang berkinerja terbaik untuk laporan keuangan terperiksa dan terpublikasi di periode 2021 dan 2022.
Penilaian kinerja perusahaan asuransi yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank ini dilakukan dalam 5 tahapan besar untuk menentukan predikat “sangat bagus”.
Tahapan tersebut meliputi penentuan formula rating berdasarkan perkembangan industri asuransi, pencarian sumber data, pemberian skor/nilai dari hasil pengolahan angka-angka dari berbagai rasio pertumbuhan, dan pemberian predikat.
Biro Riset Infobank kemudian mengelompokkan perusahaan asuransi berdasarkan pendekatan premi bruto. Pengelompokan perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya menggunakan standar deviasi, sehingga diperoleh pengelompokkan yang adil melalui pendekatan pemerataan.
Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto mengungkapkan, di tengah banyaknya perusahaan asuransi yang bermasalah, masih banyak yang berhasil meencatatkan kinerja terbaiknya. Setidaknya, 50% dari 118 perusahaan asuransi berhasil meraih predikat kinerja “Sangat Bagus” atau predikat tertinggi dalam rating Infobank.
“Ada beberapa perusahaan asuransi yang bangkrut, seperti Jiwasraya, Wanartha Life, dan Kresna Life. Asuransi Bumiputera juga tengah berjuang untuk segar kembali. Bahkan, menurut OJK, ada 13 perusahaan asuransi yang tidak baik-baik saja,” ujar Eko B Supriyanto.
Menurut Eko, berdasarkan pengalaman, perusahaan asuransi yang menemui ajal lebih dikarenakan urusan moral hazard, meski secara produk juga sudah bermasalah sejak awal.
“Untuk, kami mengucapkan selamat dan sukses kepada para direksi dan komisaris dari 59 asuransi yang berhasil meraih penghargaan Infobank Insurance Award 2023,” sambungnya.
Capaian ini, lanjut Eko, menunjukkan keberhasilan pengelola dalam menjaga kepercayaan pemegang polis dengan memberikan layanan terbaik, menghadirkan produk-produk asuransi yang berkualitas, dan tetap menjaga integritas. (*) RAL