Penuhi Kebutuhan Uang Tunai, Bank Mandiri Siapkan Rp49,6 Triliun Jelang Lebaran
Jakarta— PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan sekitar Rp49,6 triliun kebutuhan uang tunai sepanjang bulan Ramadan dan jelang Lebaran 2023 untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang selama 30 hari ke depan.
Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, alokasi uang kartal tersebut meningkat 7,9% jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama. Adapun, inisiatif ini sejalan dengan keinginan perseroan untuk memastikan nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas rutin di bulan Ramadan dan Idulfitri secara nyaman, pasca keputusan pemerintah mencabut PPKM.
Dia mneyebput, sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi sekitar Rp16,5 triliun per hari selama periode tersebut.
“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 13.068 mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak akhir bulan lalu hingga saat libur Lebaran,” ujar Rudi melalui keterangan resminya, Jumat (31/3).
Selain mesin ATM, Bank Mandiri juga mengoptimalkan sejumlah channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.
“Kami telah melakukan preventive maintenance untuk sekitar 3.300 ATM dan 37.200 EDC yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata,” katanya.
Nasabah juga dapat Livin’ by Mandiri untuk memenuhi kebutuhan seperti cek saldo, pembayaran tagihan bulanan, top up otomatis e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, serta pembayaran dengan Quick Response (QR) payment. Nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta dan pesawat pada super app ini.
“Dengan fitur top up mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” imbuh Rudi.
Sementara bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, pihaknya akan menyiapkan stok kartu hingga 735.000 kartu.
Kartu ini dapat diperoleh di cabang, toko retail (Indomaret, Alfamart, dll), outlet resmi bankmandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.
Rudi memastikan berjalannya jaringan IT Bank Mandiri secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga. Dia menambahkan, di Ramadan tahun ini Bank Mandiri memberikan banyak program khusus di mana dapat diakses melalui bmri.id/livinrmdn2023. (*) RAL