Mega Insurance Raih Penghargaan dari Infobank Digital Brand 2023

Jakarta— PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance) berhasil membawa pulang penghargaan di ajang “Infobank-Isentia 12th Digital Brand Awards 2023” yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Penghargaan yang diraih Asuransi Umum Mega tersebut berdasarkan pada penilaian yang dilakukan secara objektif dan analisis yang mendalam. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan iSentia bekerja sama dengan Majalah Infobank, Asuransi Umum Mega mendapat penghargaan The Best Conventional General Insurance di kategoril Premi Kotor Rp250 miliar hingga Rp500 miliar.

Asuransi Umum Mega menjalankan strategi bisnis guna meningkatkan daya saing dengan melakukan inovasi terhadap produk dan layanan, memperluas jangkauan layanan berbasis digital, menggandeng aliansi strategis, serta memanfaatkan digitalisasi untuk memberi kemudahan kepada pemegang polis.

Salah satunya, aplikasi klaim kendaraan online bernama Mega Insurance Assistant. Lewat fitur ini pelanggan Mega Insurance dapat langsung mengajukan klaim tanpa disurvei dan semua dilakukan menggunakan smartphone. Fitur-fitur tambahan tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan yang mudah dan cepat mengikuti perkembangan zaman.

Bagi Mega Insurance, Manuver digital semacam ini diperlukan untuk dapat bersaing di bisnis global khususnya market asuransi di Indonesia dalam era digital. Hal tersebut sejalan dengan tagline perusahaan yang mengedepankan pelayanan lebih mudah dan cepat.

Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto mengatakan, riset digital brand dilakukan untuk meningkatkan kesadaran kita terkait strategi branding baru yang perlu dilakukan di era digital.

“Saya melihat bahwa proses digitalisasi telah memperbaharui cara kita menjalankan bisnis. Perusahaan perlu memperhatikan penilaian ini, karena kita hidup di zaman yang menempatkan medsos sebagai pusat kehidupan,” ujar Eko B. Supriyanto.

Sementara Regional Insights Director for Emerging Markets, Southeast Asia, Isentia, Lady Ochel C. Espinosa menyebut, dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital, penggunaan media sosial dalam strategi komunikasi adalah keniscayaan.

“Melalui pemantauan media sosial, pelaku bisnis dapat mengetahui kebutuhan terkini masyarakat sehingga dapat dilakukan perbaikan dan inovasi baru untuk mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar,” jelas Lady Ochel C.

Espinosa. Acara “12th Infobank-Isentia Digital Brand Award 2023” didahului dengan CEO Sharing & Recognition bertajuk “The Inspiring Leadership in Winning Digital Era Competition” dengan menghadirkan pembicara Rivan Achmad Purwantono, Direktur Utama Jasa Raharja, dan Henoch Munandar, Direktur Utama Bank BTPN.

Metodologi yang digunakan dalam riset ini menggunakan delapan tahapan yang berpusat pada channel media sosial dalam melakukan penilaian terhadap corporate brand dan product brand.

Ke delapan tahapan itu yakni, menentukan kategori, melakukan riset terhadap brand dan kata kunci, memilih channel medsos, men-generate data dari medsos, menentukan sentimen, pengambilan data, menghitung indeks, dan menentukan hasil tiga teratas atau top three.

Dijelaskan, ada 16 kategori sebagai basis pemeringkatan corporate brand dan 19 kategori sebagai basis pemeringkatan product brand. Nama brand yang ditentukan ini akan menjadi basis dari penelitian dan kata kunci (keyword) dalam platform social media monitoring Isentia. Jadi, ada ribuan subchannel berbeda yang dipergunakan untuk pengambilan data, yakni melalui Twitter, Facebook, forum-forum, dan kanal berita online. (*) RAL

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.