Jakarta— Bankaltimtara untuk kesekian kalinya menorehkan capaian gemilang di tingkat nasional. Di ajang “Infobank–MRI 22nd Banking Service Excellence Awards (BSEA) 2025”.
Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Utama Bankaltimtara Muhammad Yamin dari Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto, di Shangri-La Hotel Jakarta, Selasa (24/6/2025).
Bankaltimtara dinobatkan sebagai “The Best Region Bank in Service Excellence for 5 Consecutive Years (2020–2024)” dan juga meraih penghargaan sebagai “The 2nd Best Region Bank in Excellence Website.”
Kedua penghargaan tersebut diberikan oleh Majalah Infobank bekerja sama dengan Marketing Research Indonesia (MRI). Pengakuan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap bank-bank yang dinilai unggul dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya, baik melalui kanal tatap muka di kantor cabang maupun layanan digital.
Direktur Utama Bankaltimtara, Mohamad Yamin, menyampaikan kebanggannya atas pencapaian ini dan mendedikasikan prestasi ini kepada seluruh tim.
“Ini tentunya untuk seluruh insan Bankaltimtara, mulai dari security, teller, hingga petugas di lini pelayanan lainnya. Saya memberikan apresiasi atas kerja keras dan dukungan mereka selama ini,” ujar Yamin.
Menurutnya, pengakuan ini hasil dari komitmen kolektif seluruh jajaran untuk terus meningkatkan mutu layanan perbankan.
“Penghargaan kali ini adalah anugerah yang berharga. Kami merasa bangga karena telah mendapat kepercayaan kembali dari Infobank dan MRI, yang secara konsisten menilai kualitas layanan perbankan nasional,” tambahnya.
Direktur Utama MRI Harry Puspito menjelaskan bahwa survei dilakukan untuk menjawab tantangan layanan perbankan yang kian kompleks. Terlebih, di tengah tren digitalisasi dan meningkatnya ekspektasi nasabah.
“Hasil survei ini bisa menjadi bahan refleksi penting bagi bank-bank dalam memperbaiki mutu layanan mereka,” ungkap Harry.
Sementara, Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto, menyoroti tantangan yang kini dihadapi industri perbankan. Termasuk meningkatnya ancaman kejahatan siber yang menuntut bank untuk tetap waspada dalam menyediakan layanan digital yang aman.
BPD Terbaik se-Indonesia
Bankaltimtara menjadi salah satu dari sembilan bank pembangunan daerah (BPD) yang meraih penghargaan dalam BSEA 2025. Prestasi ini menunjukkan konsistensinya sebagai bank regional yang tak hanya kuat di daerah, tetapi juga diakui secara nasional.
Perlu diketahui, survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2025 yang menjadi dasar penilaian dilakukan dari akhir 2024 hingga Maret 2025 oleh MRI.
Penilaian dilakukan menggunakan metode mystery shopping untuk mengevaluasi langsung pengalaman nasabah saat berinteraksi dengan layanan bank.
Metode ini menilai efisiensi operasional dan konsistensi pelayanan, baik secara langsung maupun melalui kanal digital. (RAL)