KB Bank Kini Bernama PT Bank KB Indonesia Tbk, Langkah Strategis Menuju Visi Global

Jakarta–PT Bank KB Bukopin Tbk secara resmi mengganti nama legal perusahaan menjadi PT Bank KB Indonesia Tbk (KB Bank).

Robby Mondong, Wakil Direktur Utama KB Bank mengatakan, transformasi ini menandai langkah penting dalam perjalanan evolusi perusahaan sebagai bagian dari KB Financial Group, grup keuangan terkemuka asal Korea Selatan.

Menurutnya, perubahan nama ini bukan sekadar pergantian administratif, tetapi menjadi simbol dari semangat baru KB Bank dalam menghadirkan layanan keuangan yang modern, inklusif, dan adaptif terhadap perubahan zaman.

“Perubahan nama ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang kami dalam mentransformasi KB Bank menjadi institusi keuangan yang lebih tangguh dan dipercaya. Ini adalah bagian dari penyelarasan dengan identitas global KBFG, sekaligus perwujudan aspirasi kami untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia,” ujar Robby Mondong, Selasa (12/8).

Transformasi identitas perusahaan telah melalui berbagai tahapan. Dimulai dari perubahan nama menjadi PT Bank KB Bukopin Tbk pada 2021, disusul penyegaran identitas visual dan logo perusahaan pada Maret 2024 menjadi “KB Bank”.

Kini, dengan nama resmi PT Bank KB Indonesia Tbk, perusahaan memperkuat posisinya di industri perbankan nasional. Khususnya di sektor ritel, UKM, wholesale, dan digital banking.

“Langkah ini juga merupakan bagian dari strategi besar KB Bank dalam menghadirkan layanan berbasis teknologi yang inovatif dan human-centered. Ini diwujudkan melalui platform digital seperti KBStar dan layanan lainnya,” terangnya.

Langkah Strategis Menuju Kepemimpinan Baru

Sebagai bagian dari penguatan organisasi dan strategi jangka panjang, KB Bank juga telah menunjuk Kunardy Lie sebagai Direktur Utama KB Bank.

Penunjukan ini mencerminkan komitmen KBFG dalam menghadirkan kepemimpinan yang kuat dan relevan untuk mendukung agenda transformasi Bank secara berkelanjutan.

Saat ini, proses pengangkatan masih menunggu penyelesaian uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), sesuai regulasi yang berlaku.

Kunardy Lie dikenal luas di industri keuangan dengan pengalaman lebih dari dua dekade di bidang perbankan. Rekam jejaknya menunjukkan kemampuan dalam menjembatani kebutuhan lokal dengan praktik terbaik global. Hal ini selaras dengan misi KB Bank untuk menjadi mitra keuangan pilihan masyarakat Indonesia, didukung oleh jaringan dan kapabilitas KBFG.

Komitmen Tata & Kenyamanan Nasabah

Proses perubahan nama legal perusahaan telah dilakukan secara transparan dan akuntabel. Perseroan melibatkan tim lintas fungsi mulai dari legal, kepatuhan, risiko, hingga sekretariat perusahaan, dengan dukungan dari konsultan hukum independen dan notaris.

Seluruh prosedur telah sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG), termasuk pelaporan ke Kementerian Hukum, OJK, dan Bank Indonesia.

“KB Bank memastikan bahwa struktur kepemilikan dan status hukum perusahaan tetap tidak berubah. Lalu, seluruh perjanjian dan komitmen hukum yang ada tetap berlaku dan tidak terpengaruh dan seluruh layanan kepada nasabah tetap berjalan seperti biasa,” punkgasnya. (*) Edited// RAL

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.