KB Bank Borong 4 Penghargaan di Ajang Infobank-Isentia Digital Brand Awards 2025

Jakarta— KB Bank sukses memborong empat penghargaan sekaligus di ajang “14th Infobank-Isentia Digital Brand Awards 2025” di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis, 20 Maret 2025.

Sejumlah penghargaan yang diperoleh KB Bank yakni “The 2nd Best Debit Card Bank Umum Konvensional 2025 kelompok KBMI 2, The 2nd Best Credit Card Bank Umum Konvensional 2025 kelmpok KBMI 2, The 3rd Best Mobile Banking Bank Umum Konvensional 2025 Kbmi 2, dan The 3rd Best Bank Umum Konvensional 2025 KBMI 2.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Majalah Infobank dan Isentia (perusahaan media monitoring asal Australia) kepada Helmy Fahrudin Retail usiness Director KB Bank.

KB Bank dikenal sebagai bank yang kini intensif melakukan transformasi bisnis dan penguatan digitalisasi yang terintegrasi pada produk dan layanannya.

Salah satu yang baru-baru ini menjadi sorotan ialah migrasi sistem core banking ke Next Generation Banking System (NGBS) pada pekan depan.

NGBS merupakan bagian dari transformasi digital berkelanjutan KB Bank dalam menghadirkan layanan perbankan yang lebih cepat, aman, dan efisien bagi nasabah sebagai mitra yang tumbuh dan berkembang bersama.Pelaksanaan proses migrasi sistem core banking ke NGBS pun telah disetujui regulator.

NGBS adalah sistem core banking generasi terbaru yang pengembangannya didukung oleh KB Kookmin Bank, induk usaha KB Bank. NGBS juga telah diterapkan di berbagai entitas KB Financial Group secara global.

Melalui migrasi ke sistem NGBS, KB Bank memperkuat komitmennya untuk selalu responsif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan nasabah yang dinamis.

Transformasi ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat kemitraan jangka panjang dengan nasabah.

Tak hanya tu, KB Bank juga menghadirkan layanan digital banking melalui KBstar. Aplikasi ini diklaim memiliki fitur yang lengkap, terintegrasi dengan ekosistem digital dan dilengkapi teknologi face recognition dan liveness.

Nasabah dapat membuka rekening baru secara online, mengakses rekening tabungan, pinjaman personal, dan e-wallet. KBstar sudah terhubung dengan berbagai mitra pembayaran. Jadi nantinya nasabah dapat melakukan pembayaran e-commerce tanpa repot copy-paste nomor virtual account.

Perlu dikeahui, metodologi yang digunakan dalam riset ini menggunakan delapan tahapan yang berpusat pada channel media sosial dalam melakukan penilaian terhadap corporate brand dan product brand.

Kedelapan tahapan itu yakni, menentukan kategori, meriset brand dan kata kunci, memilih channel medsos, men-generate data dari medsos, menentukan sentimen, pengambilan data, menghitung indeks, dan menentukan hasil tiga teratas (top three).

“Sistem pemrosesan multibahasa yang digunakan Isentia mampu mengekstraksi data dan mengkategorikan sentimen dalam lima kategori: sangat positif, positif, netral, negatif, dan sangat negatif,” ujar Russ Horell, Chief Revenue Officer (CRO) Asia Pacific Isentia, saat memberikan pemaparan.

Data yang telah dikategorikan kemudian disimpan dalam Dashboard I-Social Isentia, yang kemudian dianalisis menggunakan algoritma Isentia untuk menghasilkan statistik, tren, indeks,dan laporan visual seperti grafik dan pemetaan dengan representasi warna yang berbeda-beda.

Menurut Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto, riset digital brand dilakukan untuk meningkatkan kesadaran terkait strategi branding baru yang perlu dilakukan di era digital. Saat ini, interaksi digital memiliki pengaruh besar terhadap persepsi konsumen.

“Reputasi online sebuah perusahaan bisa menjadi penentu kesuksesan maupun kegagalan. Media online memainkan peran penting sebagai sumber data yang sangat besar dan kuat. Media sosial juga dapat digunakan sebagai saluran layanan pelanggan yang interaktif,” ujar Eko B. Supriyanto, saat memberikan sambutan.

Acara “14th Infobank-Isentia Digital Brand Award 2025” didahului dengan Sharing From Visionary Leaders bertajuk “Business Vision in Global Divergences” dengan menghadirkan pembicara Ridha D.M. Wirakusumah, Ketua Dewan Direktur Indonesia Investment Authority. Selain memberikan penghargaan kepada 88 institsi, Infobank dan Isentia juga memberikan penghargaan “CEO in Digital Brand 2025” kepada 8 CEO”.

Acara yang bisa disaksikan secara live melalui InfobankTV Channel Youtube ini terselenggara berkat dukungan para sponsor antara lain, Livin by Mandiri, Kopra by Mandiri, PNM, Akulaku Finance, HSBC, Bank of China, KB Bank, BSI, WOM Finance, Bank Jatim, SMI, Jasa Raharja, Mandiri Utama Finance, AlloBank, BPJS Kesehatan, Asuransi Tugu, Bank Mayapada, Bank Jasa Jakarta, BTN, Askrindo, Bank Banten, Hanwa Life, IndonesiaRe, Nanabank Syariah, Bank DKI, Bank Jateng, Syailendra, Indonesia Eximbank, Zurich, Avrist, BTPN, Pertalife, Maybank, Adira Finance, Bank CIMB Niaga, Asuransi JMA Syariah, Bank Muamalat, MNC Bank, BCA Syariah, Bank Riau Kepri Syariah,dan Sucofindo.(*)

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.