Dorong Pelaku Usaha Indonesia Go Global, BRI Suguhkan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023

Jakarta— Peranan penting UMKM dalam membangun perekonomian Indonesia menjadi concern utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Perseroan berupaya mendukung pengembangan bisnis para pelaku usaha.

Tahun ini, menjadi yang ke-5 penyelenggaraan pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang bertema “Crafting Global Connection” atau merakit koneksi global.

Dengan spirit mendorong penguatan brand dan bisnis UMKM secara strategis mengikuti perkembangan zaman, diharapkan pelaku usaha semakin fokus dan terpacu untuk memperluas jaringan ke rantai pasok global.

Nantinya, BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 akan dilaksanakan secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) mulai 7-10 Desember 2023.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan ekspor dan masuk pasar internasional. Sebabg, posisi UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain’, ujar Sunarso dalam Press Conference UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Rabu (22/11/2023).

Animo peserta tampak semakin besar dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah UMKM pendaftar naik 168% dari tahun sebelumnya. Tercatat 3.183 UMKM melakukan pendaftaran melalui website brilianpreneur.com. UMKM yang telah mendaftar telah menjalani kurasi hingga terpilih 500 pelaku UMKM yang dihadirkan pada showcase di Jakarta Convention Center.

Aspek kurasi tersebut yakni design inovasi produk, dampak sosial & lingkungan, kemampuan ekspor, pencapaian UMKM dan apresiasi yang pernah diraih oleh UMKM Pendaftar.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR edisi kali ini menampilkan UMKM Indonesia yang telah dikurasi dan memenuhi standar global. Namun tetap bertumpu pada sumber daya lokal, pemberdayaan komunitas lokal, dan kepedulian lingkungan.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengungkapkan, untuk mendukung merealisasikan penjualan UMKM secara go global, BRI memiliki enam kantor di luar negeri yang sudah bekerja sama dengan 1.200 bank.

“BRI juga membekali UMKM dengan berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan sebelum business matching dilaksanakan. Kami harapkan terjalin komitmen pembelian produk UMKM sehingga dapat semakin memperluas akses pasar global,” katanya.


Seperti diketahui, pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun lalu, pelaku UMKM berkesempatan menjajaki kerjasama dengan para calon pembeli (buyer) dari berbagai negara melalui business matching. Kemudian untuk tahun ini, rangkaian acara virtual business matching dilakukan pada 27 – 29 November 2023.

BRI pun menargetkan pasar potensial secara virtual dari beberapa negara seperti Jepang, Hongkong, UEA, Taiwan, Malaysia, Korea Selatan, US, Mexico, Canada, Belanda, Italia, Australia, New Zealand, dsb.

Pada pameran tahun ini BRI mengajak 700 UMKM terkurasi yang meliputi 378 UMKM pendaftar baru, 122 UMKM alumni BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan Perusahaan Anak seperti Pegadaian, PNM dan BRI Ventures, 150 UMKM Local Heroes yang telah menjadi market leader dengan harapan dapat memperluas impact bisnis dan terkoneksi untuk berkolaborasi kepada UMKM lainnya.

Kemudian 32 UMKM member SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia), 12 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi & UKM. UKM tersebbut berasal dari berbagai daerah yang akan menampilkan produk-produk terbaru dan terbaik mereka.

Terdapat lima kategori UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini yang dapat berpartisipasi yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness.

Nantinya, rangkaian acara yang dapat dinikmati oleh pengunjung maupun UMKM diantaranya showcase 512 UMKM terkurasi, Inspiring talkshow.

Disusul live shopping e-commerce, fashion show, shopping race, music performance, pojok konsultasi, foto produk gratis, UMKM Awards, Business Matching Award.

Kemudian ada juga Championship dan aktivasi-aktivasi menarik pada saat acara misalnya lomba cipta local, workshop karya local, mix & match, make over stylist dan masih banyak hal menarik lainnya.

Salah satu peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Co-Founder Havilla Tea Ajeng Respati Hapsari menyampaikan, memberikan banyak manfaat termasuk mendapatkan bekal wawasan. “Kami mendapat pengetahuan hingga tips dan trick dalam menghadapi buyer internasional sehingga bisa dijadikan potensi sebagai pelanggan tetap,” ujarnya.

Selain itu, Lead Kurator UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, Diana Nazir juga mengungkapkan, proses kurasi BRILIANPRENUER tahun ini cukup panjang.

“Kami telah melalui beberapa tahapan, baik administrasi, melihat langsung atau mencoba makanan atau produk secara langsung, dan interview dengan pemilik usaha. Kami meloloskan umkm yang siap dan layak masuk ke pasar global. Tidak hanya dari aspek desain dan kemasan, tapi juga memenuhi syarat legalitas dan sertifikasi dari tiap jenis produknya,” jelasnya.

Menariknya, ada lima e-commerce yang berkerja sama pada penyelenggaraan tahun ini di antaranya PadiUMKM, Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Zalora. Setelah UMKM diberikan pelatihan on-boarding, BRI juga mendorong peningkatan transaksi penjualan UMKM di e-commerce, melalui berbagai diskon khusus yang dapat dinikmati oleh masyarakat mulai tanggal 1 hingga 31 Desember 2023.

Nantinya akan terdapat diskon 58% dengan minimal belanja Rp128 ribu yang berlaku untuk seluruh Debit BRI, Kartu Kredit BRI, Direct Debit dan BRImo e-Payment.

Pada saat penyelenggaraan Expo selama empat hari akan ada promo menarik serta lucky spin wheel dengan hadiah yang menarik. Seluruh rangkaian kegiatan dapat diakses melalui website www.brilianpreneur.com, YouTube BRI, dan media sosial BRI lainnya. (*) RAL

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.