Digitalisasi Sentuh Semua Aspek Bisnis, DBS Raih Penghargaan di Digital Brand Award 2024
Jakarta— PT Bank DBS Indonesia sukses memboyong 7 penghargaan di ajang bergengnsi 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024 yang diselenggarakan di Shangri La Hotel Jakarta Pusat, pada Senin (1/4/2024).
Penghargaan ini merupakan sebuah capaian dari dari langkah yang diambil dalam proses transformasi digital yang benar-benar menyentuh seluruh aspek.
Adapun, sejumlah penghargaan yang diperoleh The Best/Credit Card Conventional Bank/KBMI 2/Asset Class >Rp100 Triliun, The Best/Debit Card Conventional Bank/ KBMI 2/Asset Class >100 Triliun, The Best/Deposit Conventional Bank/ KBMI 2/Asset Class >Rp.100 Triliun, The Best/Wealth Management Conventional Bank/ KBMI 2/Asset Class >Rp100 Triliun.
Kemudian, The Best/Bank With Digital Service/ KBMI 2/Asset Class >Rp100 Triliun, The 2nd Best/Conventional Bank/ KBMI 2/Asset Class >Rp100 Triliun, Dan The 2nd Best/Savings Account Conventional Bank/ KBMI 2/Asset Class >Rp100 Triliun.
DBS memfokuskan perhatiannya pada pelanggan, mengintegrasikan digital ke dalam inti operasionalnya (digital to the core), dan membangun budaya perusahaan yang mendorong inovasi digital (digital culture)
DBS memahami bahwa dalam dunia yang semakin terhubung dengan digital, pengalaman pelanggan harus menjadi prioritas utama.
Maka sejak 2018, DBS memperkenalkan platform pengembangan API, sebuah protokol perangkat lunak yang membolehkan interaksi antara komputer dan aplikasi untuk pelanggan.
Platform ini memberi kesempatan kepada para pengembang perangkat lunak untuk berinteraksi dengan pelanggan DBS dan menjalin koneksi dengan layanan-layanan bank, termasuk layanan pembayaran antarindividu dan penilaian pelanggan.
Tidak berhenti pada layanan pelanggan yang canggih, DBS juga mengambil langkah lebih jauh dengan konsep digital hingga ke inti perusahaan. Ini berarti bahwa digitalisasi telah merasuki semua lapisan operasional bank, dari proses internal hingga sistem manajemen risiko.
Untuk itu, DBS berupaya mengadopsi dan menerapkan cara kerja startup, sebab startup biasa bekerja secara agile, kolaboratif, dan cekatan memanfaatkan teknologi digital.
Sejalan dengan hal itu, salah satu kunci dari kesuksesan transformasi digital DBS adalah pembentukan budaya perusahaan yang mendorong inovasi digital.
DBS menyadari teknologi baru dan gagasan inovatif hanya akan memberikan manfaat maksimal jika karyawan berada dalam lingkungan yang mendukung eksperimen dan pemikiran kreatif.
DBS memberikan pelatihan dan pengembangan karyawan dalam bidang teknologi terkini serta pengenalan insentif untuk mendorong ide-ide inovatif. (*) RAL